Topic
Home / Berita / Silaturahim / PKPU – CIMB Niaga Syariah Beri Training bagi Peternak Domba Dramaga

PKPU – CIMB Niaga Syariah Beri Training bagi Peternak Domba Dramaga

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
PKPU – CIMB Niaga Syariah memberikan Training bagi Peternak Domba Dramaga. (Afnida/Putri/PKPU)
PKPU – CIMB Niaga Syariah memberikan Training bagi Peternak Domba Dramaga. (Afnida/Putri/PKPU)

dakwatuna.com – Dramaga.  Lembaga Kemanusiaan Nasional PKPU bekerjasama dengan Bank CIMB Niaga Syariah telah menjalankan program Ternak Domba Dramaga yang sudah dimulai April 2016. Program ini bertujuan untuk memberdayakan para peternak domba dengan kondisi ekonomi pra sejahtera dengan penerima manfaat sebanyak 5 orang peternak. PKPU dan CIMB Niaga Syariah, tidak hanya memberikan bantuan domba, kandang  serta paket untuk penggemukannya saja, tetapi juga pelatihan kepada peternak penerima manfaat sebelum menerima domba.

Pelatihan tersebut terdiri dari Training Hard Skill, dimana para peternak diajarkan secara teori dan praktik untuk membuat pakan konsentrat, cara pembuatan kandang ternak yang sehat serta bagaimana cara memeriksa hewat ternak secara sederhana. Selain diajarkan bagaimana merawat secara teknis, petani juga diajarkan bagaima mempromosikan hewan ternak dan cara mengembangkan usaha ternak dengan Training Soft SkillTraining Hard Skill dan Soft Skill tersebut menghadirkan pembicara-pembicara yang menguasai di bidang peternakan dari Institut Pertanian Bogor  pada Rabu (3/8/2016).

Para peternak juga berkomitmen untuk membuat peternakan yang terus bejalan meski program direncanakan hanya 6 bulan saja, dengan membentuk kelompok ternak bernama “Sugih Mukti”. Hal ini diharapkan domba bantuan dapat menjadi berkembang dan menjadi jalan bagi peternak agar taraf hidupnya meningkat. Selain itu, untuk memanfaatkan kotoran domba, para peternak juga bekerja sama dengan KWT (Kelompok Wanita Tani) untuk mebuat kebun TOGA (Tanaman Obat Keluarga). Dengan demikian, kotoran dapat dimanfaatkan untuk dijadikan pupuk organik. Ke depannya diharapkan dapat menjadi Sustaiable Farming atau pertanian berkelanjutan dengan pemanfaatan kotoran hewan ternak sebagai pupuk tersebut.

“Sebagai peternak yang diberi bantuan oleh CIMB Niaga Syariah dan PKPU, kami berlima harus benar-benar memanfaatkan bantuan tersebut dengan baik, harus benar-benar merawat domba, dan cita-cita kami, hasil penjualan domba nantinya harus diputar untuk membeli domba lagi, supaya berlanjut dan tidak berhenti ketika program selesai, dan kami berharap kelompok ternak “Sugih Mukti’ dapat menjadi kelompok ternak yang berkembang dan bisa merekrut peternak lain nantinya untuk bergabung.” tutur Sukri salah satu penerima bantuan program ternak domba. (Afnida/Putri/PKPU/SaBah/dakwatuna)

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar

Lihat Juga

Sinabung Meletus, PKPU Human Initiative Terjunkan Tim Rescue

Figure
Organization