Topic
Home / Narasi Islam / Artikel Lepas / Belajarlah Dari Makhluk Allah Lainnya

Belajarlah Dari Makhluk Allah Lainnya

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
Ilustrasi (Inet)
Ilustrasi (Inet)

dakwatuna.com – Seringkali, kita terlupa bahwasanya Allah swt., menciptakan segala sesuatu dengan hikmah, yakni agar kita dapat mengambil manfaat dan merenungi hasil ciptaan-Nya. Dan tentunya agar kita selalu ingat akan kebesaran Allah. Nah, mari kita simak beberapa hikmah dari beberapa ciptaan-Nya.

Padi kian merunduk tubuhnya jika makin berisi beras. Seseorang yang makin berilmu, akan semakin tunduk dan rendah hati.

Pisang tidak akan mati sebelum ia berbuah, dan selalu tumbuh tunas saat ia mati. Seorang pejuang tidak boleh menyerah atau meninggalkan dunia tanpa menciptakan penerusnya.

Kaktus dapat tumbuh di lingkungan ekstrem minim air dengan menyimpan air secara efektif. Pejuang harus mampu hidup di lingkungan ekstrem, dengan menyimpan dan memupuk iman dalam hatinya dengan baik.

Pohon kelapa bisa dimanfaatkan semua bagiannya, daunnya, batang daunnya, batangnya, dan buahnya. Para pejuang senantiasa bermanfaat bagi umat, kehadirannya, semangatnya, pengabdiannya, perkataannya.

Semut dapat bekerjasama dalam mencari makan, bahkan ia menciptakan jejak berupa hormon agar semut lain tau letak makanan. Para pejuang sejati selalu bekerjasama dalam mencapai Ridho Ilahi, bahkan ia tinggalkan jejak bagi penerusnya agar mereka menemukan jalannya.

Apa yang dihasilkan lebah, semuanya bermanfaat, liurnya, madunya, dan bahkan dirinya dipakai dalam beberapa pengobatan. Perkataan, perbuatan, sikap, bahkan kehidupan seorang pejuang harus bermanfaat bagi semua.

Ulat bulu kecil yang menjijikan dan parasit, kelak akan menjadi kupu-kupu yang indah. Seorang yang banyak dosapun, bisa menjadi pribadi yang indah nantinya.. Seperti Umar, Malik bin Dinar, dan seorang pembunuh 100 orang yang sering kita dengar ceritanya.

“Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, pergantian siang dan malam benar-benar terdapat tanda bagi orang-orang berakal” (QS. Ali Imran : 190). (dakwatuna.com/hdn)

Redaktur: Deasy Lyna Tsuraya

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 5,00 out of 5)
Loading...
Imam Agung Setiawan
Mahasiswa S1 Fakultas Teknik UI, pegiat ilmu keislaman dan sejarah islam, dan seorang yang mencoba peduli terhadap sekitar

Lihat Juga

Program Polisi Pi Ajar Sekolah, Pengabdian Polisi Jadi Guru SD dan TK

Figure
Organization