Topic
Home / Berita / Internasional / Eropa / Larang Erdogan Berpidato, Ankara Panggil Dubes Jerman

Larang Erdogan Berpidato, Ankara Panggil Dubes Jerman

Para pendukung Erdogan di Cologne, Jerman. (alwasatnews.com)
Para pendukung Erdogan di Cologne, Jerman. (alwasatnews.com)

dakwatuna.com – Ankara. Pemerintah Turki akhirnya memanggil dubes Jerman untuk diminta keterangan terkait larangan terhadap Erdogan untuk melakukan teleconference dihadapan pendukungnya di Cologne, Jerman.

Sebagaimana yang dilansir oleh laman almoslim.net, Senin (1/8/2016) larangan terhadap presiden Turki tersebut dikeluarkan setelah Majelis Konstitusi Jerman mendengarkan masukan dari aparat kepolisian agar pidato Erdogan tidak ditampilkan dengan pertimbangan keamanan.

Keputusan ini mengundang reaksi keras dari pihak Ankara yang disampaikan oleh jubir kepresidenan, Ibrahim Kalin. “Larangan seperti ini sangat tidak bisa diterima,” tegas dia.

Ia kemudian mengatakan bahwa masyarakat berkumpul secara masif di kota Cologne sebagai bentuk pembelaan terhadap demokrasi di Turki.

Menurut Kalin, upaya larangan pidato Erdogan dihadapan pendukungnya ini adalah bentuk pelanggaran terhadap nilai dasar demokrasi, kebebasan berekspresi serta kebebasan berkumpul.

Seperti diberitakan sebelumnya oleh kantor berita Turki, Annadolu, lebih dari 80.000 orang warga Turki dan Eropa turut serta dalam aksi demonstrasi pada Ahad (31/7/2016) lalu di Cologne, barat Jerman. Dalam aksinya mereka mengutuk keras upaya kudeta oleh militer terhadap pemerintah Turki yang akhirnya berhasil digagalkan beberapa pekan lalu. (msy/dakwatuna)

Redaktur: Muh. Syarief

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar
Wakil Direktur Studi Informasi Alam Islami (SINAI) Mesir 2008

Lihat Juga

7 Manfaat Traveling saat Libur Kuliah Bareng Teman-Teman

Figure
Organization