Home / Berita / Internasional / Asia / Masjid Al-Ibrahimi di Palestina Terancam Yahudisasi Israel

Masjid Al-Ibrahimi di Palestina Terancam Yahudisasi Israel

Masjid Al-Ibrahimi di Hebron Palestina. (repulika.co.id)
Masjid Al-Ibrahimi di Hebron Palestina. (repulika.co.id)

dakwatuna.com – Hebron. Kementerian Luar Negeri Palestina mengeluarkan peringatan akan ancaman Yahudisasi Israel terhadap masjid Al-Ibrahimi di kota Hebron, selatan Tepi Barat. Proyek ini sendiri bertujuan untuk mengusir warga muslim Palestina yang tinggal di sekitar masjid bersejarah tersebut.

Pihak Kemenlu mengatakan, “Areal Al-Ibrahimi di kota Al-Khalil sejak tahun 1967 tidak pernah sepi dari beragam penistaan, dan kondisi itu dilakukan oleh Yahudi Radikal setiap hari. Mereka mendapatkan sokongan dari Otoritas Zionis Israel, para elite politik dan juga militer. Tanpa sedikitpun memperhatikan persaan kaum muslimin,” seperti dilansir laman Islammemo.cc, Senin (1/8/2016).

Masjid Al-Ibrahimi terletak di kota Tua, Al-Khalil (Hebron) dan berada dibawah jajahan Israel. Sebanyak 400 warga Palestina menempati kota itu, dan mereka mendapat pengawasan dari 1.500 orang tentara Israel yang bertugas mengamankan wilayah tersebut.

Sejak tahun 1972 pihak Israel memberikan izin kepada Yahudi untuk dapat masuk ke masjid, dan diberikan kebebasan untuk menjalankan ritual ibadah di dalamnya. Hingga akhirnya pada tahun 1994 masjid warisan umat Islam ini dibagi dua oleh Israel; untuk muslim dan Yahudi.

Pembagian ini dilakukan setelah terjadi penembakan yang dilakukan seorang Yahudi Israel di dalam masjid terhadap jamaah Shubuh, sehingga menyebabkan tewasnya 29 orang jamaah.

Pihak Israel hingga kini melarang umat Islam mendirikan sholat dan mengumandangkan azan di masjid tersebut pada waktu hari-hari besar kaum Yahudi. (msy/dakwatuna)

Redaktur: Muh. Syarief

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar
Wakil Direktur Studi Informasi Alam Islami (SINAI) Mesir 2008

Lihat Juga

Hamas Kecam Sekjen PBB

Figure
Organization