Topic
Home / Berita / Nasional / Alhamdulillah, Visa Calon Haji Gelombang Pertama Telah Selesai

Alhamdulillah, Visa Calon Haji Gelombang Pertama Telah Selesai

Sebanyak 90.183 visa jamaah haji Indonesia tahun 2016 sudah diterbitkan oleh Kedutaan Besar Arab Saudi (KBSA). (bisnissyariah.co.id)
Sebanyak 90.183 visa jamaah haji Indonesia tahun 2016 sudah diterbitkan oleh Kedutaan Besar Arab Saudi (KBSA). (bisnissyariah.co.id)

dakwatuna.com – Jakarta.   Visa jamaah haji gelombang pertama sudah selesai dan sedang dalam proses distribusi paspor ke Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi.

“Sampai 30 Juli kemarin, sudah ada 40.238 paspor dan visa yang sudah kami kembalikan ke daerah,” Demikian disampaikan Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Kementerian Agama Ahda Barori, Senin (1/8/2016) kepada republika.co.id

Hingga saat ini, lebih dari 90 ribu visa jamaah haji Indonesia sudah diterbitkan oleh Kedutaan Besar Arab Saudi (KBSA). “Sampai dengan 30 Juli lalu, visa yang sudah selesai mencapai 90.183,” katanya.

Sebagaimana tahun lalu, kuota jamaah haji reguler berjumlah 155.200. mereka akan diberangkatkan dalam dua gelombang. Gelombang pertama sekitar 78.000 jamaah akan diberangkatkan mulai tanggal 9 Agustus hingga 21 Agustus.

Menurut Ahda, sampai dengan Senin (1/8) sudah terkumpul 157.244 paspor calon jamaah haji dari seluruh provinsi di Indonesia. Sebanyak 93.866 di antaranya sudah diproses di KBSA. Artinya, yang belum selesai di KBSA hanya 3.866, tambahnya.

“Kami di Direktorat Pelayanan Haji Dalam Negeri terus bekerja 24 jam untuk memastikan visa selesai sebelum jadwal keberangkatan jamaah haji sehingga masalah keterlambatan visa tidak terulang lagi,” terangnya.

Ditambahkannya, Direktorat Pelayanan Haji Dalam Negeri, sejak beberapa hari yang lalu sudah mulai memproses visa jemaah haji Indonesia yang akan diberangkatkan pada gelombang kedua, yang akan mulai diberangkatkan menuju Jeddah Arab Saudi pada 22 Agustus- 4 September 2016.

Kasus keterlambatan visa pada musim haji 2015 lalu memang menjadi sorotan banyak fihak, salah satunya datang dari Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Iskan Qolba Lubis yang berharap pemerintah tidak terlambat mengurus persoalan visa pada penyelenggaraan Ibadah Haji tahun 2016. Sebab, visa menjadi salah satu syarat agar jamaah haji dapat berangkat ke tanah suci. (baca: Komisi VIII Berharap Pengurusan Visa Jamaah Haji Tidak Terlambat)

Oleh karena itu, tegas Iskan, Komisi VIII akan terus memastikan Kementerian Agama (Kemenag) mampu mengatur persoalan visa ini tanpa ada permasalahan. Ditambah, Komisi VIII telah menyetujui pemberian biaya verifikasi kepada Kemenag, mulai dari tingkat kabupaten kota hingga pusat. (SaBah/dakwatuna)

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Olah Raga. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Laporan PBB: Putra Mahkota Saudi Bertanggung Jawab Atas Kematian Jurnalis Jamal Khashoggi

Figure
Organization