Home / Konsultasi / Konsultasi Arsitektur / Pilih Rumah Minimalis Atau Klasik?

Pilih Rumah Minimalis Atau Klasik?

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.

FADLI DEPOK - KLASIK - MINIMALISdakwatuna.com

 

Pertanyaan:

Assalaamu’alaikum wa rahmatullaahi wa barakaatuh

Pak Andan, saya ingin renovasi rumah lama saya. Bangunan lama adalah satu lantai. Data – data saya kirimkan. Rumah lama terdiri dari 2 kamar tidur anak. Ruang tengah blong saja. Karena kamar mandi ada di tengah antara 2 kamar tersebut.

Bagian belakang sebenarnya sudah saya tambah sendiri. Berupa dapur, kamar pelayan dan wc nya. Nah dengan keadaan ini tentu masih standard sekali. Hingga karena kebutuhan saya ingin membuat rumah ini menjadi 2 lantai.

Di bawah saya ingin hanya ada 1 kamar tidur untuk tamu, carport untuk 2 mobil, teras depan yang lapang, area dapur di perbaiki lay out nya dan ruang tengah biarkan lapang saja.

Untuk lantai atas saya ingin ada 1 kamar tidur utama dengan wc di dalam dan 2 kamar tidur anak serta ruang duduk secukupnya.

Pak Andan, sebaiknya kami pilih rumah model minimalis atau klasik ya? Mohon arahannya. Karena selain itu jika dana cukup saya juga ingin ada ruang cuci jemur di atas, ruang pakaian tersendiri, gudang dan wc khusus cuci di atas.

Demikian pertanyaan kami. Terima kasih atas tanggapannya.

Wassalaamu’alaikum wa rahmatullaahi wa barakaatuh.

Fadli – Depok

 

Jawaban:

Wa’alaikum salam wa rahmatullaahi wa barakaatuh

Pak Fadli di Depok, beserta segenap netters dakwatuna.com , jazakallah atas akses nya kepada kami. Selagi masih syawal , saya mengucapkan taqobbalallaahu minna wa minkum. Semoga di bulan syawal ini kita diberi peningkatan amal. Semoga kita diberi kesempatan untuk dapat  menunaikan puasa 6 hari di bulan syawal.

Mohon maaf lahir batin juga bagi netters sekalian. Masih banyak  kekurangan saya. Karena sejatinya saya lebih banyak terjun ke lapangan. Arsitek yang memang tidak hanya membuat desain. Hingga waktu di lapangan lebih banyak dibandingkan waktu untuk on line membuat desain.

Sekarang kita coba membahas desain Pak Fadli, sebelum kita membahas pilihan minimalis atau klasik, maka saya langsung masuk ke kebutuhan ruang yang ada. Karena hal ini lebih penting dibandingkan pilihan eksterior.

Rumah lama Pak Fadli memiliki ruang lapang di samping ruang tidur. Area ini saya manfaatkan untuk menyelipkan tangga. Lalu ruang service area di belakang saya perbaiki sedikit. Carport saya jadikan 2 mobil dengan menghilangkan 1 kamar tidur di depan.

Nah, untuk lantai 2 baru agak terlihat beda. Jika rumah minimalis saya hanya meletakkan 3 kamar tidur saja tanpa area service di bagian belakang. Sementara itu denah lantai 2 rumah klasik saya tambahkan gudang, ruang cuci jemur, wc cuci dan ruang khusus untuk pakaian.

Setelah penjelasan denah, maka saya lanjutkan penjelasan tentang pilihan eksterior rumah. Jawaban paling mudah adalah, jika dana yang ada cukup longgar, maka Pak Fadli sebaiknya pilih rumah klasik. Karena pekerjaan detail rumah klasik akan memakan biaya cukup banyak. Mulai dari tembok profil, kolom bulat, railing besi dan pola atap yang lebih variatif.

Jika dana terbatas maka sebaiknya pilih rumah minimalis. Karena lebih simple, atap nya sederhana, pengerjaan nya lebih mudah dan lebih cepat juga.

Denah rumah klasik sengaja saya buat lebih luas dibandingkan denah rumah minimalis. Walaupun urusan tampak muka sebenarnya hanya bedak saja. Namun bagaimanapun juga , tampak muka rumah klasik tetap lebih mahal. Jadi memang pilihan terakhir adalah UUD. Ujung – ujung nya duit. Untuk itu biasanya pada pekerjaan yang lebih rinci lagi, saya buat RAB nya. Hingga terlihat berapa selisih dari 2 konsep ini.

Alhamdulillah, selesai sudah. Silakan Pak Fadli memilih mana yang terbaik. Netters juga boleh silakan memilih. Karena saya sebagai arsitek lebih nyaman tidak menghakimi selera seseorang. Mau klasik boleh, minimalis ok, tropis tidak mengapa, bahkan aliran deconstruction juga silakan. Yang penting pola denah nya baik dan benar. Karena denah terkait dengan struktur , atap dan banyak hal lagi.ya

Saya hanyalah juru ramu desain. Kepuasan saya adalah jika orang yang membangun rumah mendapatkan desain terbaik sesuai dengan selera keluarga, sesuai pula dengan kaidah arsitektur dan yang paling penting sesuai dengan dana yang direncanakan.

Demikian penjelasan saya. Semoga bermanfaat. Akhirul kalam,

Wassalaamu’alaikum wa rahmatullaahi wabarakatuh

 

Andan Nadriasta, ST  –  0817 496 57 42

Kirimkan email pertanyaan / order desain / pelaksanaan ke : [email protected]

FADLI DEPOK - DENAH AWALFADLI DEPOK - DENAH RUMAH MINIMALIS LT. 1FADLI DEPOK - DENAH RUMAH MINIMALIS LT. 2FADLI DEPOK - DENAH RUMAH KLASIK LT. 2FADLI DEPOK - RUMAH KLASIK VIEW 1FADLI DEPOK - RUMAH KLASIK VIEW 2FADLI DEPOK - RUMAH MINIMALIS VIEW 1FADLI DEPOK - RUMAH MINIMALIS VIEW 2FADLI DEPOK - KLASIK - MINIMALIS

 

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
Andan Nadriasta, ST
Lulusan Teknik Arsitektur angkatan 90 Univ. Pancasila. Bisa dihubungi di 0817-496-5742. Aktif menulis di media tahun 99. Sebagai pengisi rubrik griya di koran Republika. Sebelumnya sempat aktif di Tabloid Nova. Membantu pembuatan desain rumah tinggal yang di asuh oleh Ir. Nurhadi.Andan Nadriasta diambil dari bahasa sansekerta. Artinya adalah 'tangan yang berkarya'. Doa dari orang tua tersebut mengiringi segenap kegiatan dalam berkarya membuat disain rumah tinggal yang islami. Serta berdakwah di lingkungan sekitar hingga daerah yang dikunjungi.

Lihat Juga

Preteks Pada Viralitas Video UAS

Organization