Home / Berita / Nasional / Kartu BPJS Kesehatan Palsu Beredar, Berikut Cara Membedakan Kartu Asli dan Palsu

Kartu BPJS Kesehatan Palsu Beredar, Berikut Cara Membedakan Kartu Asli dan Palsu

BPJS Kesehatan
Kartu BPJS Kesehatan. (republika.co.id)

dakwatuna.com – Bandung.  Peredaran kartu BPJS Kesehatan palsu di Kab Bandung Barat terungkap setelah ada laporan dari sejumlah warga bahwa Kartu BPJS ini tidak aktif ketika hendak digunakan untuk berobat.

Kepala Kantor Cabang BPJS Cimahi Yudha Indrajaya mengakui adanya kartu BPJS palsu, dan setelah di cek ternyata kartu tersebut memang palsu.

“Sebetulnya mudah untuk mengetahui kartu itu asli atau palsunya,” ujar Yudha, dikutip dari republika.co.id

Untuk memastikan apakah Kartu BPJS anda asli atau palsu kenali ciri-cirinya dan lakukan beberapa langkah berikut:

  1. Kartu BPJS Kesehatan yang asli memiliki tulisan e-ID di bagian atas pojok kiri.
  2. Cek kartu BPJS Kesehatannya di Kantor Layanan Operasional Kabupaten (KLOK)
  3. Pendaftaran harus dilakukan di kantor cabang atau secara online, atau juga di bank dan minimarket terdekat. Beberapa bank yang bekerjasama dengan BPJS untuk urusan pendaftaran kartu, di antaranya yakni BCA dan Bank Mandiri.

Menanggapi kasus tersebut, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengimbau warga Jawa Barat untuk tidak resah atas penemuan beredarnya kartu BPJS Kesehatan palsu di Kabupaten Bandung Barat. Dia juga meminta semua pihak diantaranya Kepolisian dan Dinas Kesehatan untuk menindaktegas pelakunya.

“Saya mendapat laporannya pagi ini dari Dinkes Provinsi, sungguh ini perbuatan oknum yang melampaui batas, apalagi bila jatuhnya kepada keluarga miskin ini menjadi kezaliman yang nyata. Syukur perkaranya sudah ditangani polres dan saya minta Dinas Kesehatan Provinsi dan Kabupaten untuk segera berkoordinasi dan mendata masyarakat yang menjadi korban, kemudian diadvokasi, difasilitasi penerbitan ulang kartu baru yang legal,” kata Heryawan di Bali yang disampaikan melalui rilis Humas Pemprov Jabar, Senin (25/7 2016) sebagaimana dilansir pikiran-rakyat.com

Pemprov Jabar menhimbau agar masyarakat tidak mudah percaya dengan oknum yang menjanjikan kartu BPJS biaya murah, bayar sekali dan tanpa iuran bulanan. Semua ketentuan mengenai kepemilikan kartu BPJS sudah diatur jelas.  (SaBah/dakwatuna)

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Olah Raga. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Qatar: Negara Kami Jauh Lebih Kuat meski Diboikot

Organization