Topic
Home / Berita / Nasional / Manfaat Kehadiran Orang Tua di Hari Pertama Sekolah

Manfaat Kehadiran Orang Tua di Hari Pertama Sekolah

Kehadiran orang tua di hari pertama sekolah dapat memberikan pengaruh positif bagi anak. (Abiumi.com)
Kehadiran orang tua di hari pertama sekolah dapat memberikan pengaruh positif bagi anak. (Abiumi.com)

dakwatuna.com – Hari ini, Senin (18/7/2016) merupakan hari pertama masuk sekolah setelah libur panjang kenaikan kelas dan Idul Fitri.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa hari pertama sekolah banyak dimanfaatkan oleh orang tua untuk mengantar anak-anak mereka, apalagi Hal ini sesuai dengan Surat Edaran Mendikbud No 4 Tahun 2016 tentang Hari Pertama Sekolah yang diperkuat lagi dengan Surat Menteri PANRB No. B/2461/M.PANRBN/ 07/2016 tentang izin bagi PNS di hari pertama masuk sekolah.

Dilansir suaramerdeka.com Surat kedua menteri itu ditujukan kepada bupati, gubernur, menteri dan seluruh pimpinan lembaga pemerintahan lainnya agar PNS diizinkan mengantarkan anak ke sekolah.

Surat edaran tersebut meminta seluruh kepala daerah untuk turut mendukung penyebaran pesan hari pertama sekolah atau hari pertama masuk sekolah dengan mendorong para PNS/karyawan untuk mengantar anak ke sekolah pada hari pertama sekolah. Mendorong sekolah untuk menyambut siswa baru dan melakukan interaksi komunikasi intensif dengan orang tua.

Meski PNS/karyawan diajurkan mengantarkan anak ke sekolah, mereka harus tetap kembali masuk kerja setelah selesai kegiatan tersebut. PNS/karyawan juga harus menyampaikan pemberitahuan resmi kepada pimpinan mengenai kegiatan mengantarkan anak sekolah.

‘Kehadiran’ atau pendampingan orang tua di hari pertama masuk sekolah dapat menjadi pintu bagi orang tua dan juga sekolah untuk memberi pendidikan yang lebih baik lagi bagi anak ke depan.

Dan kehadiran orang di hari pertama masuk sekolah juga banyak memberikan manfaat bagi orang tua, guru dan anak itu sendiri.

Berikut tiga manfaat di balik kehadiran orang tua di hari pertama masuk sekolah menurut Psikolog Pendidikan dari Universitas Indonesia Dr. Rose Mini Agoes Salim, M.Psi. yang dikutip dari republika.co.id

Manfaat Bagi Orang Tua

Kehadiran orang tua di hari pertama anak masuk sekolah dapat memberikan kesempatan bagi orang tua untuk lebih memahami seperti apa tempat anak mereka mengenyam pendidikan. Dengan melihat langsung lingkungan sekolah, orang tua dapat mengetahui apa saja yang akan diberikan oleh sekolah selama masa pendidikan anak berlangsung, mengetahui peraturan yang diperbolehkan dan dilarang sekolah, hingga berkenalan dengan para guru dan sekapa sekolah.

Kehadiran orang tua di hari pertama masuk sekolah juga dapat dimanfaatkan oleh orang tua untuk mempererat hubungan dengan guru. Para orang tua dan wali kelas, misalnya, dapat membuat satu grup percakapan online sehingga komunikasi antara orang tua dan guru terkait pendidikan anak tetap dapat berjalan meski jarang bertemu. Dengan begitu, tidak hanya anak-anak saja yang melakukan orientasi di hari pertama masuk sekolah, para orang tua pun juga ikut melakukan orientasi agar lebih memahami lingkup pendidikan anak mereka.

“Kalau kita tidak mengerti tentang sekolahnya, gimana kita bisa dampingi anak kita dalam kaitannya memberi support,” terang psikolog yang akrab disapa dengan Bunda Romi ini kepada Republika.co.id.

Manfaat Bagi Guru
Kehadiran orang tua di hari pertama masuk sekolah juga memberi banyak manfaat bagi pihak sekolah, khususnya guru. Dengan menjalin komunikasi langsung dengan orang tua murid, guru akan mendapatkan lebih banyak informasi mengenai cara yang tepat dalam menghadapi tiap-tiap anak. Misalnya, anak yang pendiam di sekolah ternyata memiliki karakter yang aktif di rumah. Komunikasi antara guru dan orang tua dari anak tersebut dapat memberikan inspirasi bagi guru untuk memberikan pendampingan yang tepat bagi anak tersebut selama di sekolah.

“Misalnya, guru jadi tahu bahwa anak ini perlu waktu unutk beradaptasi. Dengan begitu (komunikasi dengan orang tua), guru jadi mendapat informasi untuk memegang anak ini,” jelas Rose Mini.

Di samping itu, komunikasi yang terus terjalin dengan orang tua sejak awal masuk sekolah dapat memudahkan guru untuk memberikan informasi terkait program yang dilaksanakan sekolah. Dengan begitu, kesempatan untuk mendapatkan bantuan bagi kelancaran program-program pendidikan anak akan terbuka lebih lebar.

Manfaat untuk Anak
Perkenalan dan komunikasi langsung antara guru dan orang tua dapat memberikan kesempatan bagi guru untuk memahami potensi anak. Di hari pertama masuk sekolah, orang tua dapat bercerita mengenai hobi yang ditekuni oleh sang anak. Dengan begitu, guru dapat memberikan kesempatan bagi anak untuk mengasah hobi mereka dengan lebih baik selama di sekolah.

Sebagai contoh, orang tua bercerita kepada guru bahwa sang anak gemar bermain drum. Meski misalnya di sekolah tersebut tidak ada kegiatan ekstra kulikuler terkait drum, guru dapat mengajukan anak untuk menjadi salah satu peserta perlombaan atau festival terkait musik dan drum. Dengan komunikasi orang tua dan guru ini, kesempatan bagi anak untuk mengembangkan potensinya akan menjadi lebih luas. (SaBah/dakwatuna)

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Olah Raga. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Manipulasi Esemka

Figure
Organization