Home / Konsultasi / Konsultasi Arsitektur / Tanah Kami Hanya 250 m2, Bisakah kami Membangun Gedung Qur’an?

Tanah Kami Hanya 250 m2, Bisakah kami Membangun Gedung Qur’an?

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.

MISBAHUL AMAL FINAL DS 5 VIEW 14dakwatuna.com – 

 

Pertanyaan:

Assalaamu’alaikum wa rahmatullaahi wa barakaatuh

Pak Andan di dakwatuna.com , kami memiliki tanah seluas 250 m2 di depan masjid. Rencananya kami ingin membangun gedung Qur’an untuk mencetak generasi baru yang lebih baik. Namun bentuk tanah nya tidak karuan. Tidak kotak dan garis nya tidak semuanya lurus.

Memang sebaiknya Pak Andan survey ke lokasi. Hingga akan dapat ketemu ukuran yang lebih jelas dan dapat berembuk dengan pengurus Masjid Mishbahul Amal hingga dapat di pahami keinginan pengurus dan jamaah masjid.

Demikian email kami. Semoga bisa segera mendapat solusi atas hal ini.

Wassalaamu’alaikum wa rahmattullaahi wa barakaattuh

Ridwan – [email protected] – 0817 24 44 44

Cipinang Jakarta Timur

 

Jawaban:

Wa’alaikum salam wa rahmatullaahi wa barakaatuh

Netters sekalian di manapun anda berada, terima kasih atas akses nya kepada dakwatuna.com. Semoga silaturahim kita di berkahi Allah. Semoga puasa kita di terima dan kita senantiasa diberikan kesehatan dan taqwa hingga Allah berkenan memasukkan kita ke surga – Nya kelak. Amin ya rabbal ‘alamin.

Netters sekalian, sebenarnya desain ini adalah desain 2 tahun yang lalu. Namun karena ada perubahan berkali – kali, dan juga harus menunggu persetujuan jamaah dan pengurus serta dana yang ada, maka baru kali ini bisa di wujudkan.

Desain juga mengalami beberapa perubahan. Hingga desain ke 5 ini lah yang merupakan desain final. Setelah mendapat persetujuan dari Pengurus Masjid Mishbahul Amal di Cipinang. Alhamdulillah, pembangunan sudah dimulai awal Ramadhan ini.

Netters sekalian, setelah saya ukur ulang memang tanah nya tidak rata di sana sini. Hingga saya harus mengambil garis utama sebagai pola denah bangunan. Garis utama itu ada pada sisi timur. Hal ini tentu akan membuat bangunan ini tidak rata dengan jalan.

Denah ruangan di bawah dapat kita peroleh 2 kelas, ruang duduk , dapur, gudang , kamar mandi , teras dan ruang parkir mobil dan motor. Parkir motor dan mobil sekaligus bisa berfungsi sebagai arena bermain anak jika tidak ada kendaraan. Daripada saya membuat arena bermain di tengah yang tidak multi fungsi maka lebih baik konsep nya di ganti dengan parkir plus arena bermain.

Memang tidak seindah konsep arena bermain di tengah yang akan melahirkan konsep plaza bermain yang di jepit oleh bangunan masjid dan gedung Qur’an. Namun untuk luas tanah yang terbatas, maka nilai fungsi lebih di dahulukan dibandingkan nilai keindahan.

Untuk lantai atas kita bisa memperoleh 3 kelas yang dapat di akses melalui selasar yang ada di depan kelas masing – masing. Selasar ini berhubungan dengan tangga ke lantai 1 dan juga ke dak atap yang merupakan ruang terbuka.

Dak atap yang terbuka bisa digunakan untuk area olahraga, sarana ekstra kurikuler santri seperti kegiatan teropong bintang , agricultural dan kegiatan lain yang bersifat outdoor. Hingga walaupun areal terbatas namun kita masih bisa tetap memiliki ruang terbuka yang lapang.

Pola façade nya saya bentuk lengkung – lengkung yang membentuk ornamen motif islami yang indah. Berpadu dengan menara besar dan menara kecil. Menara besar berhubungan dengan tangga dan void hingga ia bisa tampil besar dan tinggi. Sementara menara kecil adalah gudang.

Karena dengan bentuk gudang agak keluar maka terbentuklah  skyline façade yang indah. Permainan kubah kecil yang rendah dan kubah besar yang tinggi menjadi paduan indah yang cantik. Ditambah dengan pet atap di carport tempat meletakkan papan nama, bangunan ini tampil menjadi syiar dakwah bagi lingkungan sekitar.

Alhamdulillah selesai sudah desain kita kali ini. Jika ada netters yang ingin memberikan donasi nya, silakan hubungi Pak Ridwan sebagai panitia sesuai no kontak dan alamat email yang telah tertera di atas.

Demikian saja ulasan kami hari ini. Semoga ada manfaatnya. Semoga Allah memberkahi kerja – kerja dakwah ini. Dan memberikan ganti terhadap setiap peluh lelah keringat yang mengalir, dengan sesuatu yang lebih baik lagi.

Akhirul kalam,

Wassalaamu’alaikum wa rahmatullaahi wa barakaatuh

Andan Nadriasta, ST  –  0817  496  57  42

Kirimkan email pertanyaan / order desain / pelaksanaan ke  :  [email protected]

MISBAHUL AMAL - GEDUNG QURAN DS 5 denah lt 1MISBAHUL AMAL - GEDUNG QURAN DS 5 denah lt 2MISBAHUL AMAL - GEDUNG QURAN DS 5 - INTERIOR LT. 1 VIEW 1MISBAHUL AMAL - GEDUNG QURAN DS 5 - INTERIOR LT. 2 VIEW 2MISBAHUL AMAL - GEDUNG QURAN DS 5 - POTONGAN INTERIOR VIEW 5MISBAHUL AMAL FINAL DS 5 VIEW 9MISBAHUL AMAL FINAL DS 5 VIEW 10MISBAHUL AMAL FINAL DS 5 VIEW 14

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
Lulusan Teknik Arsitektur angkatan 90 Univ. Pancasila. Bisa dihubungi di 0817-496-5742. Aktif menulis di media tahun 99. Sebagai pengisi rubrik griya di koran Republika. Sebelumnya sempat aktif di Tabloid Nova. Membantu pembuatan desain rumah tinggal yang di asuh oleh Ir. Nurhadi.Andan Nadriasta diambil dari bahasa sansekerta. Artinya adalah 'tangan yang berkarya'. Doa dari orang tua tersebut mengiringi segenap kegiatan dalam berkarya membuat disain rumah tinggal yang islami. Serta berdakwah di lingkungan sekitar hingga daerah yang dikunjungi.

Lihat Juga

Hari Keempat Ramadhan, Puluhan Pemukim Yahudi Kembali Nista Masjidil Aqsha