Topic
Home / Keluarga / Pendidikan Anak / 16 Peran Penting Ayah dalam Mendidik Anak

16 Peran Penting Ayah dalam Mendidik Anak

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
Ilustrasi. (kasiola.blog.pl)
Ilustrasi. (kasiola.blog.pl)

dakwatuna.com – Bagaimanapun sosok seorang ayah itu sangat penting dalam sebuah keluarga. Perannya sangat vital dan tak tergantikan. Termasuk juga untuk urusan mendidik anak, ayah punya peran yang sangat besar. Apa sajakah peran ayah dalam mendidik anak yang perlu kamu ketahui?

  1. Sebagai Leader

Ayah adalah pemimpin dalam keluarga. Ayah punya peran untuk memimpin keluarga dan mengarahkan anak-anak agar tetap berada di jalur yang benar.

  1. Sebagai Pelindung Keluarga

Sosok ayah berperan besar untuk membuat perasaan aman secara emosional bagi anak. Perasaan ini sangat penting bagi tumbuh-kembangnya anak serta dalam pembentukan karakter diri anak.

  1. Pendorong Kepercayaan Diri Anak

Ayah punya peran krusial untuk meningkatkan kepercayaan diri anak. Lewat bimbingan dan kasih sayang yang diberikannya, seorang anak akan tumbuh dan memiliki rasa percaya diri yang baik.

  1. Menumbuhkan Rasa Ingin Tahu Anak

Ayah yang baik bakal membuat rasa tahu anak terus berkembang. Sehingga anak pun akan mencoba untuk mengeksplorasi lingkungan sekitar dan mengenal apa yang belum diketahuinya.

  1. Membuat Anak Jadi Pemberani

Dengan didikan yang tepat, seorang anak bisa menjadi pemberani. Di sini peran ayah yang sangat menentukan dalam pembentukan sifat tersebut.

  1. Melatih Disiplin

Ayah juga punya peran istimewa dalam membuat putra-putrinya menjadi disiplin. Tentu untuk itu, ayah wajib memberikan contoh dan keteladanan dalam berdisiplin.

  1. Menjadikan Anak yang Sholeh dan Sholehah

Anak yang sholeh dan sholehah tidak terjadi dengan sendirinya. Tapi peran kedua orang tua sangat penting dalam mewujudkan cita-cita ini. Seperti dengan mengarahkan dan mendidik agar anak selalu shalat tepat waktu dan menjalankan semua perintah Allah SWT.

  1. Teladan

Anak adalah peniru yang ulung. Untuk itu, ayah dan ibu wajib memberi teladan yang baik bagi anak-anaknya. Sehingga diharapkan anak-anaknya pun bisa tumbuh menjadi anak yang berbudi pekerti luhur.

  1. Bermain Bersama Anak

Ayah tak perlu canggung untuk bermain bersama anak-anak. Bermain adalah hak anak. Ayah bisa bermain bersama anak dan bergembira. Saat bermain itu, ayah pun bisa menyelipkan pelajaran-pelajaran penting untuk membentuk anak yang berkarakter.

  1. Sebagai Motivator

Ayah bisa menjadi pendorong dan motivator ulung bagi anak. Dengan pendekatan yang baik, ayah bisa mengubah perilaku anak yang sebelumnya kurang baik untuk berubah menjadi lebih baik.

  1. Menumbuhkan Rasa Peduli

Anak yang punya rasa peduli pada orang lain dan gemar menolong merupakan salah satu hasil dari didikan orang tuanya. Ayah dalam hal ini punya peran yang sangat strategis agar anak memiliki sifat mulia ini.

  1. Memperkuat Ikatan sebagai Sebuah Keluarga

Ayah punya fungsi penting untuk memperkuat ikatan batin antar anggota keluarga. Sehingga antara ayah, ibu dan anak selalu merasa memiliki hubungan batin yang sangat kuat.

  1. Teman Curhat

Ayah bisa berfungsi sebagai teman curhat bagi anak. Sehingga masalah yang sedang dihadapi anak tidak dipendam sendiri. Ayah bisa dengarkan dengan sabar apa yang diutarakan anak, sambil mengarahkan apa sebaiknya solusi terbaik yang ditempuh.

  1. Memberi Perhatian

Perhatian orangtua selalu dibutuhkan anak. Karenanya jangan sampai kesibukan sehari-hari membuat anak merasa kurang mendapat perhatian.

  1. Mengawasi Pergaulan Anak

Dengan siapa saja anak bergaul wajib menjadi perhatian ayah. Supaya hal-hal yang tidak diinginkan, seperti anak salah pergaulan, bisa dicegah.

  1. Meningkatkan Kecerdasan Emosional Anak

Seorang anak kadang emosinya masih belum stabil. Untuk itu, sebagai ayah punya peran yang sangat penting untuk meningkatkan kecerdasan emosioanal anak. Tumbuhkan komunikasi yang intens agar ada proses saling percaya. Beri anak kepercayaan sambil tetap dipantau supaya tingkat kematangan emosionalnya tumbuh dengan baik. (dakwatuna.com/hdn)

Redaktur: Deasy Lyna Tsuraya

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 5.00 out of 5)
Loading...

Tentang

Penulis

Lihat Juga

UNICEF: Di Yaman, Satu Anak Meninggal Setiap 10 Detik

Figure
Organization