Home / Narasi Islam / Wanita / 7 Tips Menjaga Rambut Tetap Sehat Meski Memakai Hijab

7 Tips Menjaga Rambut Tetap Sehat Meski Memakai Hijab

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
Ilustrasi. (Arief Santras Photography)
Ilustrasi. (Arief Santras Photography)

dakwatuna.com – Rambut adalah mahkota yang paling indah bagi seorang wanita. Sebagai pemakai hijab tentunya keadaan rambut agak berbeda dengan rambut yang tidak berhijab, biasanya masalah yang sering timbul adalah soal kesehatan rambut. Memakai hijab sepanjang hari memang bisa membuat rambut lebih lembab dan mudah rontok, karena tertutup, rambut jadi mudah berketombe dan mengalami kerontokan. Namun, jangan khawatir, dengan cara berikut rambut kita dijamin tetap sehat meskipun tertutup hijab.  Menurut dokter Reno Yovial, dokter umum di sebuah rumah sakit swasta, permasalahan rambut dapat dicegah dengan beberapa cara yaitu,

1. Konsumsi Makanan Sehat dan Banyak Minum Air Putih

Makanan yang rendah lemak dan kaya protein, serta zat besi dapat menutrisi rambut secara alami seperti sayuran hijau, buah-buahan, kacang-kacangan dapat menjadi pilihan bagi kesehatan akar rambut ditambah dengan mengonsumsi air putih yang cukup untuk mengatasi dehidrasi selama memakai hijab.

2. Keramas Teratur

Menjaga kesehatan dan kebersihan kulit kepala serta rambut dengan keramas secara teratur minimal dua hari sekali. Pilih sampo yang mengandung bahan alami. Agar lebih terlihat manfaatnya, kita juga bisa menggunakan kondisioner sehabis keramas.

3. Hindari Memakai Hijab Dalam keadaan Rambut Basah

Rambut dalam keadaan basah saat memakai hijab akan memicu kerontokan rambut lebih parah, ketombe, gatal-gatal, dan juga bau apek. Oleh karena itu keringkan rambut terlebih dahulu sebelum memakai hijab.

4. Rutin Menyisir Rambut

Berhijab kadang membuat kita malas menyisir rambut dan lebih sering menguncirnya. Namun, kita harus tetap rajin menyisir rambut. Minimal empat kali dalam sehari, menyisir rambut sama halnya dengan melakukan pemijatan kulit kepala yang bermanfaat membantu kelancaran peredaran darah.

5. Hindari Mengikat Rambut Terlalu Kuat dan Kencang

Dengan tidak mengikat rambut terlalu kuat dan kencang bisa menghindari permasalahan rambut yang mudah patah dan bercabang.

6. Istirahatkan Rambut

Saat di rumah, lepas kunciran rambut. Beri waktu untuk beristirahat dan bernafas. Mengistirahatkan rambut dapat mengurangi kelembapan kulit kepala penyebab kerontokan dan ketombe.

7. Pilih Bahan Hijab Yang Nyaman

Rambut yang tertutup menyebabkan kulit kepala mudah berkeringat. Untuk menghindarinya, pilih hijab atau dalaman yang bahannya nyaman dan mudah menyerap keringat seperti bahan katun 100 % atau kaos. Jangan lupa untuk mengganti hijab setiap harinya untuk menjaga kebersihan rambut.

Demikian yang informasi yang dapat disampaikan tentang menjaga rambut tetap sehat meski memakai hijab. Semoga bermanfaat dan terima kasih. (dakwatuna.com/hdn)

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
Mahasiswi jurnalistik yang penyuka traveling serta senang bercerita dan baru berproses menulis berita dan cerita di media.

Lihat Juga

(Video) Perempuan Palestina Diseret, Dipukul, Ditarik Jilbabnya Hingga Lepas

Organization