Home / Narasi Islam / Artikel Lepas / Pahlawan Adalah Mengheningkan Cipta

Pahlawan Adalah Mengheningkan Cipta

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
ilustrasi-pahlawan (inet)
ilustrasi-pahlawan (inet)

dakwatuna.com – Bel Istirahat telah tiba!!! Aku sangat bahagia karena  tiba saatnya untuk istirahat. Ternyata kebahagiaan yang aku rasakan  sama dirasakan oleh para santri. Saat istirahat inilah dijadikan oleh para santri untuk  untuk shalat, bermain dan  makan. Beda halnya kalau seorang guru, waktu istirahat dijadikan untuk shalat, makan, dan merenung/berfikir  – Bagaimana cara menyampaikan bahan ajar di jam pelajaran selanjutnya.  Lamanya istirahat tidak terasa 15 menit berlalu, tidak terasa bel pun berbunyi, tanda masuknya waktu belajar. Akhirnya saya masuk ke madrasah untuk mengajar.  Sebelum  memasuki  pembahasan materi ajar, seperti biasa diawali dengan membaca doa dan murojaah hapalan Al-Qur’an. Hal ini, merupakan kegiatan yang sudah dirutinkan setiap mengawali pelajaran baru.

Pada kesempatan ini, saya akan menyampaikan pembahasan mengenai  PAHLAWAN. Sebelum menjelaskan definisi dari pahlawan. Saya mengajukan pertanyaan kepada santri kelas 3 SD  terlebih dahulu. “APA ARTI DARI PAHLAWAN?” Ternyata ada salah satu siswa yang mengangkat tangannya sangat tinggi dan berkata “AKU BISA”. Saya beranggapan bahwa santri ini akan menjawab dengan tepat, karena ekpresi dan mimik mukanya yang meyakinkan.

Saya berikan kesempatan santri itu untuk menjawab. Silahkan jawab pertanyaannya.

SANTRI berkata : “PAHLAWAN ITU ADALAH MENGHENINGKAN CIPTA”

Semua yang ada di kelas tertawa dengan jawaban santri itu, termasuk saya pun sama tertawa.

Sahabat pembaca. Hikmah dari jawaban santri (PAHLAWAN ITU ADALAH MENGHENINGKAN CIPTA ) itu adalah bentuk apresiasi pemikiran anak yang luar biasa  menyikapi  kegiatan yang  ada pada UPACARA BENDERA yang  pada umumnya dilakukan oleh setiap lembaga, termasuk sekolah/madrasah. Jawaban Santri ini memang benar tetapi belum tepat, hanya saja, saya salut dan bangga karena menjawab dengan tegas dan percaya diri.

Dilihat dari makna yang dimaksud santri ini, saya mempunyai makna yang mendalam dan mengandung konotasi positif. Mari kita lihat makna dari Mengheningkan CIpta itu sendiri. Pada kegiatan upacara bendera, ada salah satu kegiatan mengheningkan cipta dengan maksud mengenang jasa para pahlawan. Adapun intruksi Pembina kepada seluruh peserta  upacara adalah:

Marilah kita tundukan kepala kita dan membacakan surat Al-Fatihah ditujukan untuk para pahlawan yang mendahului kita. Mengheningkan cipta dimulai.

(Santri ini menjawab pahlawan adalah mengheningkan cipta, saya kira ia selau mendengar  berulang kali kata PAHLAWAN pada redaksi intruksi Pembina).

Asumsi saya, jika saya tanya santri ini, ditanya BAGAIMANA CARA MENGHARGAI PAHLAWAN? Maka jawabannya  ( Mengheningkan Cipta dan Membacakan Al-Fatihah)

Dari sinilah saya mendapatkan pelajaran yang berharga, ternyata cara menyikapi dan menghargai para pahlawan yang sudah berjuang  bagi kita semua adalah:

1) Mengheningkan cipta  (Maksud dari mengheningkan cipta di sini adalah mengenang pahlawan, begitu beratnya  perjuangan yang dilaluinya. Bahkan mengorbankan jiwa raganya untuk kepentingan Agama Islam, Nusa dan Bangsa Republik Indonesia).

2) Membacakan surat Al-Fatihah  (Maksud dari  membacakan surat Al-Fatihah adalah mengirimkan doa yang ditujukan untuk para pahlawan yang sudah mendahului kita, berkah dari bacaanya  semoga Allah berikan keselamatan di akhirat untuknya. Salah satu yang tidak putus amalannya adalah doa anak sholeh termasuk kita semua salah satu keturunannya yang merupakan cikal bakal  generasi  para pahlawan). (dakwatuna.com/hdn)

Redaktur: Deasy Lyna Tsuraya

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
Avatar
Pengajar Guru SD IT Daarul Fikri. Mempunyai Binaan Santri PIB ( Pondok Ilmu Bandung) dan Majlis Taklim Riyadusholihin.

Lihat Juga

Keikhlasan Dalan Kerja Dakwah

Figure
Organization