Topic
Home / Berita / Silaturahim / PKPU Menyalurkan Bantuan Ke Perbatasan Suriah

PKPU Menyalurkan Bantuan Ke Perbatasan Suriah

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
Tim KEmanusiaan PKPU bersama anak pengungsi Suriah. (Aldi/Putri/PKPU)
Tim KEmanusiaan PKPU bersama anak pengungsi Suriah. (Aldi/Putri/PKPU)

dakwatuna.com – Kilis.  Tim Lembaga Kemanusiaan Nasional PKPU saat ini sudah berada di perbatasan Turki – Suriah. Berangkat pada hari Jum’at (13/5/2016) lalu melalui jalur udara dari Istanbul pukul 05.00 waktu setempat, tim kemanusiaan PKPU tiba di Gaziantep pada pukul 07.30 waktu setempat sebelum melanjutkan perjalanan melalui jalur darat menuju Kilis yang berbatasan langsung dengan Suriah.

Kilis merupakan salah satu kota yang menjadi tujuan utama bagi penduduk Suriah yang melarikan diri dari kampung halamannya. Berjarak kurang lebih 50 km dari Aleppo Suriah, kota ini sekarang dihuni oleh 165.000 pengungsi Suriah, jauh melebihi populasi lokal yang hanya mencapai 94.000 jiwa.

Di Kilis, PKPU berkesempatan mengunjungi pusat logistik IHH, salah satu NGO terbesar di Turki yang setiap hari bertugas memasok kebutuhan utama untuk beberapa camp pengungsi di wilayah Suriah.  Pusat logistik ini dijalankan oleh 18 orang karyawan IHH dan dibantu oleh 70 orang pengungsi Suriah. Selain pusat logistik, komplek ini juga memililiki
mobile kitchen dan pabrik roti yang dalam sehari dapat memproduksi hingga 120.000 potong roti.

Setelah dari pusat logistik IHH, tim PKPU melanjutkan kegiatan mereka untuk mendistribusikan bantuan kemanusiaan ke para pengungsi Suriah. Sebanyak 139 janda dan anak yatim korban perang Suriah mendapatkan bantuan berupa santunan uang tunai yang diharapkan dapat dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Selain mendistribusikan bantuan, tim PKPU juga melakukan trauma healing kepada anak-anak yatim Suriah. Senyum bahagia tampak dari raut wajah polos mereka, seakan telah melupakan tragedi kemanusiaan yang telah merenggut nyawa orang tua mereka. Para pengungsi Suriah terlihat sangat senang dengan kedatangan tim kemanusiaan PKPU dan mengucapkan salam dan terimakasih kepada seluruh warga Indonesia yang telah peduli dan ikut membantu warga Suriah yang saat ini sedang dilanda musibah.

Sayangnya tim kemanusiaan PKPU tidak dapat berlama lama di daerah ini, karena faktor keamanan yang belum begitu stabil. Sore hari sekitar pukul 19.00 waktu setempat, tim kemanusiaan PKPU kembali melanjutkan perjalanan ke Kota Rayhanli yang berjarak sekitar 142 km dari Kilis. Di kota ini nantinya PKPU juga akan mengadakan sejumlah aksi kemanusiaan dan assesment untuk menentukan program jangka panjang apa yang akan dijalankan oleh PKPU di daerah ini. (Aldi/Putri/PKPU/sbb/dakwatuna)

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar

Lihat Juga

Erdogan Bantah Turki Berniat Kuasai Wilayah Negara Lain

Figure
Organization