Topic
Home / Berita / Silaturahim / Tim Kemanusiaan PKPU Menuju Perbatasan Suriah

Tim Kemanusiaan PKPU Menuju Perbatasan Suriah

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
Tim Kemanusiaan PKPU menuju perbatasan Suriah. (Aldi/Putri/kis/PKPU)
Tim Kemanusiaan PKPU menuju perbatasan Suriah. (Aldi/Putri/kis/PKPU)

dakwatuna.com – Istanbul.  Tim Kemanusiaan Lembaga Kemanusiaan Nasional PKPU sedang bergerak menuju perbatasan Suriah. Sebelumnya, Tim yang beranggotakan dua personil ini sudah berada di Istanbul pada Rabu  (11/5/16).

“Tim akan tinggal selama satu hari di Istanbul untuk berkoordinasi dengan NGO setempat dan akan dijadwalkan berangkat menuju perbatasan Suriah pada hari Jum’at (13/5/2016) waktu setempat” ujar Deni Kurniawan selaku koordinator program kemanusiaan internasional PKPU.

Aksi kemanusiaan ini merupakan respon PKPU atas kembali memanasnya situasi di Suriah yang menewaskan ratusan warga sipil beberapa waktu yang lalu, setelah sebelumnya PKPU beberapa kali mengirimkan bantuan kemanusiaan semenjak meletusnya konflik di Suriah.

Dikutip dari BBC (5/5), ambruknya gencatan senjata dan peningkatan perang di Aleppo dalam waktu dua pekan belakangan sudah menewaskan lebih dari 300 orang. Tim akan terkonsentrasi untuk memberikan bantuan kemanusiaan di daerah Kilis dan Rayhanli. Kedua kota tersebut menampung cukup banyak pengungsi Suriah.

Kilis, yang menampung sekitar 120.000 pengungsi merupakan salah satu daerah tujuan utama bagi rakyat Suriah yang melarikan diri dari kampung halamannya karena kota yang berada di perbatasan Turki-Suriah ini hanya berjarak sekitar 57 km dari Aleppo.

Sedangkan Rayhanli, saat ini menampung sekitar 108.000 jiwa. “Saat ini kita akan fokus untuk memberikan bantuan yang mendesak bagi para pengungsi dan sekaligus melakukan pengkajian program bantuan kemanusiaan jangka panjang”, ujar Deni.

Doa dan support dari masyarakat Indonesia sangat dibutuhkan oleh Tim Kemanusiaan PKPU di perbatasan Suriah agar misi kemanusiaan ini berjalan lancar. Kedepannya diharapkan PKPU dapat terus berkontribusi untuk meringankan beban saudara-saudara kita di Suriah yang saat ini sedang dilanda bencana kemanusiaan. (Aldi/Putri/kis/PKPU/sbb/dakwatuna)

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Lihat Juga

Ini Alasan Turki Beli Sistem Pertahanan dari Rusia

Figure
Organization