Home / Berita / Nasional / Penggusuran Luar Batang Ditolak MUI

Penggusuran Luar Batang Ditolak MUI

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
Kampung Luar Batang
Kampung Luar Batang- Foto- Dok. okezone

dakwatuna.com – Jakarta. Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Ma’ruf Amin menolak upaya pembongkaran Kampung Luar Batang yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Penolakan ini disampaikan dalam kunjungannya ke Kampung Luar Batang bersama beberapa ulama dan ormas Islam (selasa, 10/5/2016). Penggusuran ini selain melanggar hak-hak masyarakat juga dapat menghilangkan fakta sejarah Indonesia terlebih dengan sejarah Islam di Jakarta. Hal ini ditegaskannya dalam wawancara dengan republika.co.id “ Luar Batang jangan digusur dan dan hak-hak masyarakat harus diberikan, diganti sebagaimana seharusnya dilakukan.”

Dia akan membantu masyarakat Kampung Luar Batang secara hukum melalui tim hukum untuk jika terjadi pelanggaran hak-hak masyarakat. “Bisa juga nanti bisa ada semacam gugatan”, ujar Ketua MUI ini.

Dalam kunjungannya ini dia merasa sedih dan prihatin dengan kondisi masyarakat Luar Batang yang tinggal di tenda-tenda dengan beralaskan kardus dan puing-puing bangunan. “Saya sangat prihatin dan sedih,” kata Ma’ruf seperti dimuat okezone.com.

Di kesempatan itu dia menyampaikan rencananya untuk bertemu dengan pimpinan daerah agar tidak ada lagi penggusuran di Luar Batang. “Semoga Allah SWT melindungi dan meridhai upaya kita,” tuturnya yang langsung diiringi dengan teriakan takbir.

Kampung Luar Batang merupakan salah satu dari 12 Jalur Destinasi Wisata Pesisir di Jakarta Utara yang memiliki sejarah keberadaan yang panjang. Lokasi kawasan ini berada di Penjaringan, Jakarta Utara yang letaknya terhimpit terusan Pelabuhan Sunda kelapa dan kawasan perumahan elite Pluit ini. Di sini terdapat sebuah masjid yang di dalamnya ada makam Sayid Husein bin Abubakar bin Abdullah al-Aydris sebagai penyebar agama Islam. (hs/dakwatuna)

Redaktur: Samin Barkah

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
Avatar

Lihat Juga

Preteks Pada Viralitas Video UAS

Organization