Topic
Home / Berita / Silaturahim / Hemat Air, Antisipasi Musim Kemarau

Hemat Air, Antisipasi Musim Kemarau

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
Sosialisasi program hemat air di RT 4 RW 2 Kampung Kedung Bolang, Desa Muara, Kecamatan Teluk Naga, Kabupaten Tangerang. (Eka/Putri/PKPU)
Sosialisasi program hemat air di RT 4 RW 2 Kampung Kedung Bolang, Desa Muara, Kecamatan Teluk Naga, Kabupaten Tangerang. (Eka/Putri/PKPU)

dakwatuna.com – Tangerang.  Rabu (27/4/2016), tepat pukul 16.30 WIB Lembaga Kemanusiaan Nasional PKPU bekerjasama dengan PT Pembangunan Perumahan (PP) telah melakukan pemicuan program hemat air di RT 4 RW 2 Kampung Kedung Bolang, Desa Muara, Kecamatan Teluk Naga, Kabupaten Tangerang. Aktifitas ini termasuk rangkaian dalam program berbagi air. Pemicuan ini dihadiri oleh 16 peserta yang berasal dari RT 2, 3, 4 dan 5.

Pemicuan program hemat air ini berguna untuk memicu warga agar mau melakukan aksi menghemat penggunaan air disaat musim penghujan ini. Tujuannya agar cadangan air tanah akan tetap cukup pada saat musim kemarau tiba. Dalam kegiatan pemicuan ini terlihat bahwa sebagian warga belum tau bagaimana alur perjalanan air, tetapi juga ada Kader yang membantu menjelaskan bagaimana alur perjalanan air itu sehingga bisa sampai ada di dalam tanah dan warga bisa menggunakan air tersebut.

Dalam sesi pemicuan ini dilakukan pula penandatanganan surat kesepakatan bahwa warga bersedia menghemat penggunaan air. Pada sesi ini tidak semua warga mau bertandatangan untuk sepakat, ada 10 orang dari 16 orang yang sepakat mau berhemat dalam penggunaan air.

“Kalo disini mba ngejelasinnya (Penyuluhan) harus perlahan, warga sini rata-rata sekolah terakhirnya SD mba jadi agak lama pahamnya” ujar Ibu lijah, Kader yang berada di RT 5. Hal ini juga sebagai pembelajaran bagi fasilitator agar mencari metode penyuluhan yang tepat untuk warga sekitar. (Eka/Putri/PKPU/sbb/dakwatuna)

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar

Lihat Juga

Konflik Air Antara Ethiopia, Sudan, dan Mesir

Figure
Organization