Topic
Home / Narasi Islam / Artikel Lepas / Jangan Merasa Bisa Melakukan Semuanya

Jangan Merasa Bisa Melakukan Semuanya

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
Ilustrasi. (kterrl.wordpress.com)
Ilustrasi. (kterrl.wordpress.com)

dakwatuna.com – Sebagai seorang manusia, tentu saja kita menginginkan keberhasilan atas apa yang telah kita lakukan. Semua hal yang kita rasa bisa diselesaikan, akan kita lakukan hal itu. Namun, ternyata diri ini terlalu banyak berharap semua hal itu bisa kita atasi semua. Padahal, diri ini menyadari bahwa kemampuan yang dimiliki terbatas dan tak mungkin bisa melakukan semuanya seorang diri tanpa bantuan orang lain.

Marilah kita dengar kembali apa yang telah dipesankan oleh Buya Hamka mengenai hal ini dalam bukunya, “Prbadi Hebat.”

“Orang yang merasa ingin menghadapi semua urusan, tidaklah akan jaya. Umur kita, sangatlah sedikit. Dan jalan yang ada, sangatlah banyak. Apa yang kita lihat bagus pada orang lain, belum tentu bagus bagi kita. Suatu kemasyhuran, atau kemegahan hanyalah karena keteguhan hati menghadapi satu pekerjaan. Semua pekerjaan ingin diborong, tidak bisa diselesaikan oleh satu tangan.”

(Pribadi Hebat, Buya Hamka)

Ketahuilah, Kawan. Kemampuan yang kita miliki itu terbatas. Selesaikanlah pekerjaan yang ada di depan mata. Janganlah terlalu fokus memikirkan apa yang ada di masa depan. Kesempatan yang kita miliki adalah apa yang ada di hari ini.

Serupa apa yang ada di masa lalu, tidaklah kita mampu untuk mengubah apa yang telah terjadi. Begitu pula apa yang ada di masa depan, belumlah tiba masanya untuk mengetahui apa yang ada di masa depan.

Jika dirimu merasa ingin melakukan semua hal, lakukanlah satu-persatu dengan penuh kesungguhan. Jika telah selesai, barulah kiranya dikau melakukan pekerjaan yang lain lagi. Namun sama, satu-persatu tanpa adanya ketergesaan sedikitpun.

Setiap pekerjaan yang dilakukan dengan ketergesaan, tentu hasilnya tak akan maksimal. Begitulah yang sering terjadi dan dialami oleh banyak orang.

Jika hal ini terus dibiasakan, maka dengan izin-Nya akan dimudahkan setiap langkah kita untuk melaksanakan setiap agenda dan pekerjaan yang akan kita lakukan.

Jika suatu ketika ada satu pekerjaan yang tak bisa dirimu lakukan, maka tinggalkanlah dan serahkan itu pada ahlinya. Karena, sesuatu yang diserahkan bukan pada ahlinya maka kita hanya akan menunggu kegagalannya. Jangan merasa semua bisa dilakukan oleh diri ini.

Dan jangan lupa, jadikanlah setiap pekerjaan yang kita lakukan bernilai ibadah di sisi Allah dengan meniatkannya untuk kebaikan. (dakwatuna.com/hdn)

Redaktur: Deasy Lyna Tsuraya

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
Avatar

Lihat Juga

Tips Membangun Kepercayaan Anak dengan Ibu Bekerja Melalui Ramadhan

Figure
Organization