Topic
Home / Berita / Silaturahim / QONITA & IZI Berbagi Kebahagian Melalui Program Berbagi Air Bersih

QONITA & IZI Berbagi Kebahagian Melalui Program Berbagi Air Bersih

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
Aksi Berbagi Air IZI di wilayah RT 20 Sepinggan Raya kota Balikpapan. (Rahmad/IZI Kaltim).
Aksi Berbagi Air IZI di wilayah RT 20 Sepinggan Raya kota Balikpapan. (Rahmad/IZI Kaltim).

dakwatuna.com – Balikpapan.  Krisis Air yang terjadi di kota Balikpapan selama beberapa bulan ini sudah banyak berdampak kepada masyarakat, khususnya kaum dhuafa. Karena kemarau dan tingkat curah hujan yang kurang mengakibatkan waduk manggar milik PDAM kering. Selama ini warga RT.20 Sepinggan Raya hanya mengandalkan air bersih dari menampung air hujan dan sumur – sumur galian yang ada disektar pemukiman mereka. Air PDAM juga tidak bisa dirasakan manfaatnya secara maksimal oleh warga, karena PDAM dalam seminggu hanya mengaliri 2-3 hari saja.

LAZ Nasional Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Cabang Kalimantan Timur melakukan aksi Berbagi Air di wilayah RT 20 Sepinggan Raya kota Balikpapan. Mayoritas warga di RT.20 berprofesi sebagai nelayan dan kurang mampu. Jumlah keluarga yang ada diwilayah tersebut sebanyak 64 KK.

Program berbagi air ini merupakan permintaan salah satu donatur Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) yakni Majelis Taklim Qonita Balikpapan. Pada pelaksanaan program tampak hadir dari perwakilan MT. Qonita Ibu Anna, Ibu Anggi, Ibu Dewi, dan Ibu Deny sedangkan dari IZI diwakili oleh Rahmad Bahari Kabid Pendayagunaan dan Sari Hajidah staff Zakat Funding.

“Terima kasih kepada IZI Kaltim telah membantu kami dalam penyaluran dana sedekah melalui program berbagi Air diwilayah Sepinggan Raya. Menurut kami wilayah yang dipilih IZI sangat layak dibantu, harapannya kedepan ada program-program lain yang bisa di sinergikan dengan kami”, ujar Ibu Ana.

“Program berbagi air ini kami berikan untuk warga RT. 20 Sepinggan Raya karena wilayah disini agak sulit terjangkau oleh aliran PDAM dan masyarakat sekitar tergolong masyarakat dhuafa. Selama ini meraka hanya mengandalkan sumur galian dengan kualitas air berwarna kuning seperti mengandung besi sehingga tidak layak dikonsumsi. Kami berharap dengan program berbagi air IZI dan MT.Qonita ini bisa membantu warga untuk memenuhi kebutuhan air bersih mereka”, ujar Rahmad Kabid Pendayagunaan IZI Kaltim.

Warga sangat antusias dan penuh ceria terhadap program berbagi air yang dilakukan oleh IZI Kaltim & MT. Qonita diwilayahnya.

Seperti yang disampaikan ketua RT.20 Bu Ritawati, “Saya mewakili warga RT.20 Sepinggan Raya mengucapkan terima kasih kepada para donatur khususnya MT. Qonita dan LAZNAS IZI sebagai perantara kami. Harapannya kedepan ada program-program lain yang bisa dilaksanakan kembali dilingkungan kami”, ungkapnya.

Program Berbagi Air ini merupakan program IZI TO HELP yang memberdayakan dana zakat dibidang Layanan Sosial. (Rahmad/IZI Kaltim/sbb/dakwatuna).

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar

Lihat Juga

Kemudahan Donasi Zakat Lewat Situs Bookingberkahramadhan.com

Figure
Organization