Home / Berita / Internasional / Afrika / Seluruh Masjid di Tunisia Akan Dikuasai Pemerintah

Seluruh Masjid di Tunisia Akan Dikuasai Pemerintah

Jubir Pemerintah Tunisia, Khalid Syaukat (kelma.fm)
Jubir Pemerintah Tunisia, Khalid Syaukat (kelma.fm)

dakwatuna.com – Tunisia. Pemerintah Tunisia yang didominasi oleh kelompok nasionalis liberal memutuskan untuk menguasai seluruh masjid yang ada di negara itu, dan melarang imam-imam yang tidak memiliki izin resmi dari negara.

Sebagaimana diberitakan Islam Memo (24/3/2016), Jubir Pemerintah Tunisia, Khalid Syaukat, menyatakan bahwa PM Al-Habib Al-Shaid, mengupayakan untuk menerapkan UU khusus untuk mengembalikan penguasaan negara terhadap seluruh masjid yang ada di Tunisia.

Keputusan tersebut diapresiasi oleh sebagian pihak, antara lain petinggi urusan keagamaan, Kaan Abdul Salam, yang menyebutkan cukup banyaknya imam dan khatib yang bekerja tanpa izin resmi dari Pemerintah.

Menurutnya, lebih dari 50% imam dan khatib yang naik ke mimbar-mimbar masjid tanpa surat izin dari Kementerian Keagamaan Tunisia setiap minggu.

Abdul Salam juga menyebutkan bahwa sekitar 50-60 masjid dari total lebih dari lima ribu masjid di Tunisia berada di luar kontrol pemerintah selama ini, yang dikhawatirkan menjadi sumber berkembangnya faham-faham radikal dan ekstrem. (rem/dakwatuna)

Sumber: Islam Memo

Redaktur: Rio Erismen

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar
Alumnus Universitas Al-Azhar Cairo dan Institut Riset dan Studi Arab Cairo.

Lihat Juga

Referendum Mesir, Cara As-Sisi Untuk Berkuasa Hingga 2030

Organization