Home / Berita / Silaturahim / World Water Day 2016, PKPU Balikpapan Bagikan Air Gratis Di Daerah Krisis Air

World Water Day 2016, PKPU Balikpapan Bagikan Air Gratis Di Daerah Krisis Air

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
PKPU berbagi air bersih secara gratis untuk warga dhuafa di wilayah RT 10 Kelurahan Baru Ulu Kec. Balikpapan Barat, Pada Selasa, (22/03/2016).  (Rohim/Putri/PKPU)
PKPU berbagi air bersih secara gratis untuk warga dhuafa di wilayah RT 10 Kelurahan Baru Ulu Kec. Balikpapan Barat, Pada Selasa, (22/03/2016). (Rohim/Putri/PKPU)

dakwatuna.com – Balikpapan. Kebutuhan air bersih di Balikpapan terus meningkat akibat curah hujan yang rendah di wilayah resapan air. Krisis air pun tak dapat dihindari mengingat debit Waduk Manggar yang terus berkurang. Warga Balikpapan yang kurang mampu pun terpaksa harus terus membeli air. Selain itu debit air pipa PDAM  tidak mampu menjangkau wilayah pegunungan, sehingga banyak warga yang tinggal di dataran tinggi menadah air hujan dan menampung air PDAM melalui tangki air PDAM.

Wilayah RT 10 Kelurahan Baru Ulu adalah wilayah yang berada di dataran tinggi Gunung Bugis dimana aliran air pipa PDAM tidak mampu menjangkau wilayah tersebut akibat pemadaman air bergilir. Sudah 2 bulan air tidak mengalir sehingga warga harus membeli air secara swadaya ke PDAM sebanyak 25.000 liter. Namun itupun dirasa kurang oleh warga karena air tersebut harus dibagikan merata kepada 130 kk di RT 10. Beberapa warga yang tidak mendapatkan air bersih, harus siap siaga menadah air hujan ketika hujan turun.

Dalam rangka  World Water Day 2016, Lembaga Kemanusiaan Nasional PKPU berbagi air bersih secara gratis untuk warga dhuafa di wilayah RT 10 Kelurahan Baru Ulu Kec. Balikpapan Barat, Pada Selasa, (22/03/2016). Antusiasme warga terlihat saat tangki air PKPU datang. Warga yang rumahnya jauh dari akses jalan utama bersama-sama membawa jerigen untuk mengambil air dari tangki. Semua warga tampak senang dengan adanya pembagian air gratis kali ini. Anak-anak membantu orang tua mereka membawa jerigen ke rumah masing-masing. Ibu-ibu sibuk mengeluarkan tong air dari dalam rumahnya untuk diisi dengan air dari selang tangki. Ada juga warga  yang mengambil kesempatan ini untuk mencuci motor mereka.

Salah satu warga, Rusmawati mengatakan “Alhamdulillah, sudah lama kita disini susah air, terima kasih PKPU dengan bantuan air nya, kondisi airnya memang sudah tidak mengalir beberapa bulan dan setiap tahun pasti air mati, dan dengan adanya bantuan air ini kita terbantu apalagi airnya gratis, dan kami juga disini bersyukur sekali karena selama 5 tahun sejak air mulai dibatasi baru kali ini ada bagi-bagi air gratis, harapan kami setiap tahunnya atau bulan air disini bisa terus mengalir mungkin air PDAM nya atau dengan adanya bantuan air gratis seperti ini” (Rohim/Putri/PKPU/sbb/dakwatuna)

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar

Lihat Juga

Rusia: Turki Maju sejak Erdogan Memimpin