Home / Berita / Silaturahim / PKPU dan BKP3 Bersinergi, Pandan Wangi Siap Melebarkan Sayapnya

PKPU dan BKP3 Bersinergi, Pandan Wangi Siap Melebarkan Sayapnya

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
Penyuluh pertanian BKP3 mengajak 20 anggota kelompok satu Pandan Wangi Ketahanan Pangan Lembaga Kemanusiaan Nasional PKPU Lampung. (Ema/Putri/PKPU)
Penyuluh pertanian BKP3 mengajak 20 anggota kelompok satu Pandan Wangi Ketahanan Pangan Lembaga Kemanusiaan Nasional PKPU Lampung. (Ema/Putri/PKPU)

dakwatuna.com – Lampung.  Di bawah cuaca yang teduh, dengan suasana obrolan yang santai, Saiful Ikram, penyuluh pertanian BKP3 mengajak 20 anggota kelompok satu Pandan Wangi Ketahanan Pangan Lembaga Kemanusiaan Nasional PKPU Lampung berbagi keluh kesah terkait tanaman dan perkembangannya, Jumat (4/3/2016).

Meskipun volume air yang banyak akibat musim hujan lalu membuat beberapa tanaman tomat berdaun keriting, namun berkat ketelatenan para anggota yang kian bertambah jumlahnya, semaian tomat dan terong yang ditanam sejak awal Januari lalu kini sudah mulai berbuah. Kelompok memiliki giliran piket untuk menyiram lahan setiap sorenya, memupuk, membebaskan hama, juga membersihkan lahan dari tumbuhan pengganggu.

“Saya sangat salut dengan ibu-ibu semua. Sudah cukup lama saya tidak kemari. Bayangan saya sebelumnya tidak selayak ini kebunnya. Lahannya bersih, tatanannya rapi, tanamannya bagus-bagus, dan malah sudah berbuah. Ternyata ibu-ibu lebih jago dari pada saya.” Ungkap Saiful kagum.

“Saya jadi semangat untuk mengajak ibu-ibu semua untuk bersama-sama melangkah lebih maju.” Lanjutnya setelah Nurpiah, selaku ketua kelompok menjelaskan perkembangan kelompoknya. Seperti pembelian bibit kangkung, bayam, sawi, dan terong yang berhasil dibeli dari hasil penjualan kangkung pada panen pertama.

Saiful menjelaskan beberapa kelompok tani yang sudah berhasil dibinanya menjadi proyek agribisnis dan beberapa tips untuk menanggulangi keluhan-keluhan tanaman membuat para peserta penyuluhan berbinar-binar. Seperti memancarkan semangat baru untuk bergerak lebih jauh.

“Ya memang sejak awal kenapa saya selalu menyemangati teman-teman karena kami punya harapan yang lebih panjang khususnya untuk keteguhan ini.” Ujar Nurpiah, kembali menanggapi.

Setelah saling berbincang-bincang, dengan jumlah anggota yang sudah memenuhi syarat dan beberapa progres yang sudah ada, kelompok telah sepakat untuk mendaftarkan kelompok taninya ke Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluh Pertanian. Mereka berharap bisa diberikan pembinaan yang lebih intens untuk bisa lebih berkembang lagi. (Ema/Putri/PKPU/sbb/dakwatuna)

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar

Lihat Juga

Sinabung Meletus, PKPU Human Initiative Terjunkan Tim Rescue

Organization