Topic
Home / Pemuda / Essay / Wirausaha Sambil Sekolah

Wirausaha Sambil Sekolah

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
Ilustrasi. (m.c.lnkd.licdn.com)
Ilustrasi. (m.c.lnkd.licdn.com)

dakwatuna.com – Sudah punya niat, sudah punya modal (lain kali soal modal ini bakal dibahas lebih dalam ya, sob) tapi masih bingung juga. Masih ragu, masih galau aja buat melangkah. “Wah… gitu aja kok repot? Tinggal jalan aja kan?” Nah, mungkin sebagian sobat muda ada yang berpikiran tinggal action aja tapi mungkin masih banyak juga yang kebingungan. Takut prestasi di sekolahnya jadi menurun, takut gak bisa bagi waktu dan takut-takut yang lainnya.

Sebenarnya apapun bisa dilakukan dengan diawali membaca basmallah. “Ah, bercanda mulu nih. Serius donk, serius!” Eh, itu seriusan loh, ciyus enelan suer deh! Segala sesuatu itu kan harus diawali dengan membaca basmallah biar lebih barokah. Selanjutnya, luruskan niat sobat muda dalam berwirausaha ini. Yang paling penting jangan lupakan untuk selalu kerja keras dan semangat! Karena kalau kitanya malas-malasan, mana ada rezeki yang datang ke kita?

Pesan untuk sobat muda, harus pandai-pandai dalam berinovasi dan pintar membaca pasar. Insya Allah akan membuahkan hasil. Meskipun usaha yang sobat muda rintis sudah pasaran, ibarat kata pepatah ‘the sky is the limit’ Kita hanya tinggal berkreasi, karena pasar sudah terbuka luas.

Ok, sobat muda, mungkin tips-tips di bawah ini boleh dicoba nih:

1. Time Management

Coba deh sobat muda bikin jadwal harian, mingguan dan bulanan mengenai apa saja yang harus dikerjakan sehingga tidak ada yang terlambat dan terlewat. Jadwal tersebut juga disertai tanggal, jam mulai dan selesai, dan target waktu pekerjaan tersebut selesai.

Jadwal ini sangat berguna, akan membuat sobat muda tetap bisa beraktivitas tanpa melupakan hal penting lainnya. Target penyelesaian di sini sangat penting agar kita tidak menunda-nunda pekerjaan yang ada, karena nantinya akan bertumpuk dan membuat sumber stres tersendiri. Selain itu, hal ini melatih kita untuk bersikap profesional sejak dini, bahwa segala sesuatu harus bisa diusahakan untuk selesai tepat pada waktunya.

2. Skala Prioritas

Sering kali segala sesuatu walaupun sudah direncanakan dan diatur dengan matang, namun karena kita hanyalah manusia yang hanya bisa merencanakan dan berusaha, kadang banyak hal-hal yang di luar rencana terjadi begitu saja. Ya, karena semua keputusan ada di tangan Allah. Sebagai contoh, barang-barang dagangan sobat muda laku keras, sehingga pesanan sangat banyak, tapi di lain pihak, sobat muda sedang menghadapi ujian akhir. Nah, pada saat itu kan tidak mungkin sobat muda melakukan dua pekerjaan sekaligus, sehingga haruslah ditentukan mana yang menjadi skala prioritas.

3. Perencanaan Keuangan Dagang

Dari awal, biasakan untuk memisahkan keuangan dari hasil dagang dengan keuangan pribadi. Jadi, sobat muda tahu persis, apakah usaha itu sebenarnya memberikan keuntungan atau tidak.

Selain itu, jika sejak awal sudah membiasakan untuk mengelola keuangan dengan baik, nantinya usaha sobat muda pun bisa berkembang.

4. Mencari Agen Penjual

Nah, ketika bisnis mulai naik, sobat muda mulai nih kewalahan dalam menjual barang-barang. Oleh karena itu, akan lebih baik bila barang-barang kita dititipjualkan pada beberapa tempat, atau mencari agen distributor perorangan.

5. Konsinyasi Pada Toko

Akan lebih baik bila toko tersebut memiliki jumlah pelanggan yang banyak. Jadi, besar kemungkinan barang dagangan sobat muda akan terjual.

Usahakan untuk memiliki bukti yang jelas bahwa kita menitipkan barang dagangan di toko tersebut. Jelas pula tertera berapa jumlah persenan konsinyasi yang telah disepakati bersama.

Usahakan juga bahwa barang-barang dagangan sobat muda dalam kondisi yang baik ketika dititipkan di toko sehingga ketika terjadi kerusakan pada barang dagangan, hal tersebut menjadi tanggung jawab toko tempat menitipkan barang.

6. Agen Distributor Perorangan

Selain toko, sobat muda bisa mencari agen untuk distributor penjualan barang dagangan. Agen ini biasanya individu atau perorangan.

Penting untuk diingat, kepada agen distributor perorangan ini, sebaiknya beli putus. Jadi, risiko kerugian dari barang-barang yang rusak di tangan distributor bisa dikurangi.

Karena para agen ini membeli putus, harga barang dagangan sobat muda sebaiknya harus lebih murah dibandingkan dengan harga normal sehingga agen bisa mempunyai keuntungan juga.

7. Mencari Pekerja

Ketika permintaan pesanan kian meningkat, sering kali kita kewalahan dalam memenuhi pesanan. Sebaiknya sudah mulai dipikirkan untuk menyerahkan pekerjaan pada asisten yang memang sudah terampil.

Jauh-jauh hari, mulai mencari kira-kira siapa pekerja yang bisa digunakan jasanya untuk mengerjakan pesanan. Sebaiknya, cari pekerja yang memang memiliki keterampilan mumpuni karena sobat muda harus memenuhi kualitas mutu yang sudah ditetapkan. Jangan lupa rencanakan dengan matang waktu pengerjaannya dan jangan berikan waktu yang terlalu mepet agar mereka memiliki cukup waktu untuk bisa menghasilkan yang terbaik. Berikan juga upah kepada mereka dengan jumlah yang baik sehingga mereka senang mendapatkan pesanan dari kita.

8. Berdoa

Terakhir nih, teruslah berdoa kepada Allah agar selalu diberikan kemudahan. Karena Allah-lah Sang Maha Pemberi, Maha Kaya dan Maha Mengetahui. Apabila kita berusaha di jalan-Nya, berikhtiar terus menerus, insya Allah kita akan selalu dibantu oleh-Nya.

Ok, selamat mencoba berbisnis. Mudah-mudahan kesuksesan selalu menyertai sobat muda ya! (dakwatuna.com/hdn)

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
Hafshah Muslimah ialah nama pena dari Hafizhotunnisa Ishmatullah. Merupakan alumni KMO Indonesia batch 16. Karya yang sudah diterbitkan ialah dwi antologi Memori-Reminisensi, antologi puisi Deret Diksi Anak Negeri, antologi kisah inspiratif Guratan Renjana pada Kesatria, dwi antologi Impresi-Memorabilia, antologi Mozaik-Amore, dan antologi dongeng Fairy Tale. Bisa disapa melalui instagram @hafshahmuslimah atau di KBM App hafshahmuslimah .

Lihat Juga

Grand Launching SALAM Teknologi Solusi Aman Covid-19 untuk Masjid

Figure
Organization