Home / Berita / Internasional / Asia / Aksi Solidaritas di Yordania untuk Wartawan Palestina Muhammad Al-Qiq

Aksi Solidaritas di Yordania untuk Wartawan Palestina Muhammad Al-Qiq

Aksi Solidaritas untuk Al-Qiq di Amman (aa.com.tr)
Aksi Solidaritas untuk Al-Qiq di Amman (aa.com.tr)

dakwatuna.com – Yordania. Publik Yordania dari berbagai LSM dan partai politik menggelar aksi solidaritas di ibu kota Amman untuk wartawan Palestina, Muhammad Al-Qiq, yang mogok makan selama 88 hari memprotes penahanan dirinya dalam penjara Israel tanpa proses hukum.

Sebagaimana diberitakan Anadolu (20/2/2016), ikut serta dalam aksi tersebut berbagai aktivis LSM, anggota Parlemen Yordania, serta sejumlah politisi tokoh-tokoh parpol.

Istri dari Al-Qiq, Fiha’ Shalash, yang menyampaikan orasi dalam aksi tersebut melalui sambungan telepon, mengatakan suaminya telah mogok makan selama 88 hari tanpa makanan apa pun kecuali hanya minum.

“Jika kita ingin membicarakan kondisi kesehatan Al-Qiq, sesungguhnya keadaannya membahayakan, setiap hari bertambah lemah dan memburuk, sungguh mengkhawatirkan kami,” terang Fiha’.

Fiha’ menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak yang menyelenggarakan aksi solidaritas untuk suaminya yang dinilainya dapat memberikan semangat untuk perjuangan suaminya menghadapi kediktatoran penjajah Israel.

Lebih lanjut, Fiha’ meminta Raja Yordania, Abdullah II, untuk ikut intervensi memperjuangkan pembebasan suaminya dari penjara Israel.

Muhammad Al-Qiq yang berprofesi sebagai wartawan ditangkap polisi Israel di rumahnya di Ramallah tanggal 21 November 2016, dan memulai mogok makan 4 hari setelahnya.

Al-Qiq dihukum 6 bulan penjara atas tuduhan telah memprovokasi kekerasan melalui profesinya sebagai wartawan. (rem/dakwatuna)

Sumber: Anadolu Agency

Redaktur: Rio Erismen

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar
Alumnus Universitas Al-Azhar Cairo dan Institut Riset dan Studi Arab Cairo.

Lihat Juga

Ambisi Israel Kosongkan Gaza dari Warga Palestina

Organization