Topic
Home / Berita / Nasional / Indonesia Targetkan Bebas Prostitusi pada 2019

Indonesia Targetkan Bebas Prostitusi pada 2019

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa. (teropongsenayan.com)
Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa. (teropongsenayan.com)

dakwatuna.com – Jakarta.  Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengatakan pemerintah menargetkan seluruh wilayah di Tanah Air akan bebas prostitusi pada 2019.

“Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) kabupaten/kota dan provinsi telah diundang untuk membuat target dan hitungan teknis penanganan anjal dan gepeng yang ditargetkan bebas pada 2017 dan prostitusi 2019,” kata Khofifah dilansir republika.co.id, Rabu (17/2/2016).

Saat ini terdata masih ada 168 daerah yang memiliki lokalisasi prostitusi dan daerah paling tinggi potensi anak jalanan (anjal) dan gelandangan pengemis (gepeng). Dia mengatakan, pemerintah telah menyiapkan beragam program untuk penanganan bagi para wanita bekas dari lokalisasi prostitusi di Indonesia.

“Banyak pilihan bagi para wanita bekas dari lokalisasi prostitusi dengan beragam pelatihan kejuruan (vocational training) di Panti Sosial Karya Wanita (PSKW) Mulya Jaya, Pasar Rebo, Jakarta Timur,” ujar Mensos.

Salahsatu lokaslisasi yang hangat dibicarakan belakangan ini adalah lokalisasi Kalijodo Jakarta Utara. Rencana Pemprov DKI Jakarta untuk menggusur lokalisasi tersebut dan mengubahnya menjadi ruang terbuka hijau menuai pro dan kontra.

Haji Lulung, Anggota DPRD DKI Jakarta yang kerap berseberangan dengan Gubernur DKI Jakarta, Ahok, mensinyalir bahwa rencana penggusuran Kalijodo hanya sekedar pengalihan isu terkait pengadaan lahan Rumah Sakit (RS) Sumber Waras.

Pria yang akrab disapa Haji Lulung ini menduga, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), sengaja mendesain pengalihan isu ini lantaran ingin mengalihkan perhatian publik. Sebab, saat ini Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah melakukan penyelidikan terhadap kasus pengadaan lahan RS Sumber Waras.

“Catat ya, Kalijodo itu pengalihan isu kasus pengadaan lahan Sumberwaras. Kok isue media ini serentak sih? Ada apa rupanya dengan Kalijodo,” kata Lulung di Gedung DPRD DKI, Selasa (16/2/2016) dikutip dari okezone.com

Ahok, kata Lulung, akan segera ditetapkan menjadi tersangka oleh KPK lantaran menyalahgunakan jabatannya dalam pembelian lahan rumah sakit yang akan digunakan untuk pasien kanker dan jantung itu.

Diketahui, pembelihan RS Sumber Waras ini terindikasi mengakibatkan kerugian keuangan pemerintah daerah sebesar Rp191 miliar dalam APBD Perubahan DKI Jakarta tahun 2014. Dugaan penyalahgunaan wewenang ini diketahui usai Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) memberikan penilaian Wajar Dengan Pengecualian (WDP) terhadap Pemprov DKI. (sbb/dakwatuna)

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Olah Raga. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Anies, Mahyeldi, dan Amal Jariah Pemilih Muslim

Figure
Organization