Home / Berita / Daerah / Ini Penyebab Curah Hujan di Pulau Jawa Terus Meningkat

Ini Penyebab Curah Hujan di Pulau Jawa Terus Meningkat

Hujan lebat disertai angin kencang (ilustrasi) - Foto: depoklik.com
Hujan lebat disertai angin kencang (ilustrasi) – Foto: depoklik.com

dakwatuna.com – Jakarta. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengatakan bahwa curah hujan selama sepekan ke depan akan terus meningkat, khususnya untuk di Pulau Jawa.

Karenanya, BMKG meminta masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan, terutama terhadap peluang cuaca ekstrem bagi wilayah yang rawan terdampak kejadian banjir, longsor, pohon tumbang, banjir bandang di daerah dataran tinggi serta fenomena lainnya yang berpotensi merusak.

Seperti yang dilansir dari beritasatu.com. Selasa (2/2/2016), bahwa pada awal Februaru 2016 ini semua wilayah di Indonesia sedang dalam masa puncak musim hujan. “Ini ditandai dengan kondisi monsoon Asia yang intensif disertai kondisi seruakan dingin (cold surge) yang terindikasi menguat,” kata Kepala Pusat Informasi Meteorologi Publik BMKG Mulyono Prabowo, Selasa (2/2/2016).

Selain itu, seperti yang dilansir dari Metrotvnews.com, Selasa (2/2/2016), Mulyono mengungkapkan, adanya daerah tekanan rendah di utara Australia memberikan pengaruh tidak langsung dimana di Indonesia awan hujan akan semakin banyak terbentuk. Kondisi tersebut, lanjut Mulyono,  mengakibatkan munculnya hujan lebat yang akan dominan terjadi khususnya di wilayah Jawa Barat, Banten,  Jawa Tengah , Jawa Timur, Yogyakarta, Bali dan Nusa Tenggara,” jelas Mulyono.

Hujan  diprediksi terjadi pada pagi dan sore hari dengan intensitas sedang hingga lebat. “Terutama di akhir pekan nanti di mana daerah sekitar Jabodetabek juga menunjukkan peluang hujan yang cukup tinggi,” ungkap Mulyono. (abr/dakwatuna)

 

Redaktur: Abdul Rohim

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Seorang suami dan ayah

Lihat Juga

Erdogan Hadiri Peringatan 745 Tahun Kematian Jalaluddin Rumi

Organization