Topic
Home / Berita / Nasional / Kecanduan Gadget dan Obat Penawarnya

Kecanduan Gadget dan Obat Penawarnya

gadget
Kecanduan Gadget juga melanda anak-anak. (intisari-online.com)

dakwatuna.com – Pengguna ponsel pintar di Indonesia terus meningkat. Bahkan, sebuah lembaga riset menyebutkan bahwa Indonesia berada pada peringkat kelima dalam daftar pengguna smartphone terbesar di dunia.

Data tersebut dikutip detikcom dari analis kawakan Horace H. Dediu melalui blognya, asymco.com. Di situ tertulis jika populasi Android telah lebih 1 miliar, sedangkan iOS mencapai 700 juta.

Selain data soal populasi jenis sistem operasi, Dediu juga juga mengurutkan negara mana saja yang memiliki jumlah pengguna smartphone terbesar.

Posisi pertama jelas diduduki oleh China. Dengan populasi lebih dari 1 miliar penduduk, Nnegeri Tirai Bambu memiliki jumlah pengguna smartphone terbesar, mencapai 422 juta.

Di bawah China, ada Amerika Serikat dengan jumlah pengguna mencapai 188 juta. Tepat di urutan ketiga dan selanjutnya adalah India, Brazil dan Jepang.

Dalam data tersebut disebutkan pula Indonesia menduduki posisi 5 besar dengan pengguna aktif sebanyak 47 juta, atau sekitar 14% dari seluruh total pengguna ponsel.

Saat ini manusia modern memang sudah diperbudak gadget, bahkan kebutuhan akan gadget sudah setara dengan kebutuhan akan pangan.

Sebelum tidur dan bangun tidur, manusia kini tidak mencari seteguk air untuk melepas dahaga, tapi mereka meraih gadget untuk keperluan yang sebenarnya tidak penting, misalnya buka media sosial untuk update status.

Namun, sayangnya, kecanduan gadget ini memiliki ancaman serius bagi kesehatan manusia.

Gadget, misalnya laptop, handphone, smartphone, tablet, dll memiliki radiasi yang bisa berpengaruh buruk bagi tubuh dan kesehatan manusia.

Pengaruh Buruk Gadget

Dilansir suryamalang.com  yang mengutip dari dari doktersehat.com, radiasi gadget tersebut tidak hanya tentang pancaran cahaya dari monitor melainkan berupa banyak gelombang elektromagnetik yang dipancarkan gadget saat dipakai.

Berikut adalah pengaruh buruk gadget bagi kesehatan manusia:

Sinar radiasi dari monitor gadget bisa memicu mata lelah, khususnya jika kita memakai smartphone atau laptop terlalu lama. Mata lelah bisa menyebabkan mata berair, pusing, kelelahan, dan juga insomnia.

Organ mata juga beresiko mengalami astenopia di mana pupil akan bereaksi lambat terhadap cahaya.

Di samping itu, mata juga akan mengalami masalah katarak karena sinar radiasi laptop yang dipakai untuk bekerja dalam waktu yang lama ternyata bisa menyebabkan lensa mata menjadi keruh dan menyebabkan katarak.

Penggunaan gadgetyang berlebihan bisa memicu gangguan pada kulit wajah. Sinar VDU bisa membuat radiasi langsung pada kulit wajah dan menyebabkan iritasi dan kulit kemerah-merahan.

Penggunaan laptop di atas paha yang terlalu lama dan juga penempatan telepon selular pada saku celana juga diyakini mampu memberikan masalah pada kesuburan pria maupun wanita.

Lantas bagaimana upaya manusia untuk meminimalisir pengaruh gadget terhadap dirinya, berikut adalah rinciannya, anggap saja ini ‘obat’ penawar terhadap kecanduan akan gadget:

Beberapa orang mencoba mengurangi dampak radiasi dari penggunaan gadget dengan cara memberikan filter pada layar monitor laptop atau komputer sehingga mata pun terjaga dari sinar radiasi.

Di samping itu, menjaga jarak antara mata dan layar gadget juga diyakini mampu menjaga mata dari kerusakan karena penggunaan gadget.

Namun, kita sendiri harus mau mengurangi ketergantungan pada gadget dengan tidak memakai gadget layaknya smartphone terlalu lama.

Biasakan untuk mengistirahatkan mata agar tidak memandang gadget setidaknya beberapa puluh menit dan jangan memakai gadget di ruangan yang cenderung gelap. (sbb/dakwatuna)

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Olah Raga. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Ibu Saya Kecanduan Gadget, Apa yang Garus Saya Lakukan?

Figure
Organization