Home / Berita / Daerah / Pintu Air Manggarai Siaga III, Daerah ini Berpotensi Banjir

Pintu Air Manggarai Siaga III, Daerah ini Berpotensi Banjir

Pintu air Manggarai dalam status Siaga III. (viva.co.id)
Pintu air Manggarai dalam status Siaga III. (viva.co.id)

dakwatuna.com – Jakarta.  Hujan yang mengguyur sebagian wilayah di Jakarta dan Bogor pada Jumat (1/1/16) dengan intensitas sedang hingga tinggi menyebabkan dari 12 pintu air, pintu air Manggarai dan Karet meningkatkan status dari siaga IV menjadi siaga III. Beberapa daerah di ibu kota pun berpotensi banjir.

“Antisipasi wilayah aliran sungai di Matraman Dalem atau Kebon Manggis, Kalipasir Kwitang atau Cikini, Jatipinggir atau Petamburan, Jatipulo, Tomang Rawa Kepa, serta Pejompongan dan Bendungan Hilir,” tulis laporan BPBD pada pukul 07.00 WIB di akun resminya sebagaimana dikutip republika.co.id

Dari data pantauan Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta menyebutkan tinggi muka air (TMA) pintu air Manggarai terus meningkat sejak pukul 03.00 WIB. Pada pukul 03.00 WIB, Sabtu (2/1) tinggi muka air berada di 620 cm atau pada posisi siaga IV.

Sedangkan pada pukul 04.00, tinggi muka air kembali meningkat 720 cm, namun tetap pada posisi siaga IV. Sementara, pukul 05.00, tinggi muka air meningkat cukup tinggi sampai dengan 740 cm. Barulah statusnya naik menjadi siaga III setelah pada pukul 06.00 meningkat menjadi 750 cm.

Di sisi lain, TMA air Pintu Air Karet tercatat meningkat dari pukul 04.00 hingga pukul 06.00 WIB. Pada pukul 04.00 WIB tinggi muka air pintu air Karet 440 cm dengan status siaga IV. Sedangkan pukul 05.00, posisinya meningkat menjadi siaga III karena ketinggian telah mencapai 450 cm. Selanjutnya pada pukul 06.00, tinggi muka air  meningkat lagi hingga 460 cm dengan status tetap siaga III.

Sementara itu dikutip dari bmkg.go.id, prakiraan cuaca untuk wilayah jabodetabek pada hari ini, Sabtu (2/1/16), diperkirakan akan terjadi hujan dengan intensitas ringan dan sedang.

Kepulauan Seribu, Jakarta Utara, Jakarta Barat dan Bekasi akan terjadi hujan ringan pada siang hingga malam hari.

Sementara hujan dengan intensitas sedang pada siang dan malam hari akan terjadi pada wilayah Depok, Tangerang dan Bogor. (sbb/dakwatuna)

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Olah Raga. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

PKPU HI Serahkan Bantuan Makanan Untuk Korban Banjir Solok

Organization