Topic
Home / Berita / Silaturahim / Rutin Gelar Khitanan Massal, Yayasan Qurrata’ayun Berbakti Selalu Gandeng LKC Dompet Dhuafa

Rutin Gelar Khitanan Massal, Yayasan Qurrata’ayun Berbakti Selalu Gandeng LKC Dompet Dhuafa

Yayasan Qurrata'ayun Berbakti menggelar kegiatan Khitanan Massal untuk dhuafa bekerasama dengan LKC Dompet Dhuafa, Ahad (20/12/15). (gm/mj/LKC DD)
Yayasan Qurrata’ayun Berbakti menggelar kegiatan Khitanan Massal untuk dhuafa bekerasama dengan LKC Dompet Dhuafa, Ahad (20/12/15). (gm/mj/LKC DD)

dakwatuna.com – Jakarta. Memanfaatkan momentum liburan siswa Sekolah Dasar, Yayasan Qurrata’ayun Berbakti menggelar kegiatan Khitanan Massal untuk dhuafa. Kegiatan tersebut merupakan yang kedelapan kalinya berkat kerja sama dengan LKC Dompet Dhuafa.

Khitanan Massal berlangsung sejak pukul 07.00 hingga 12.00 WIB bertempat di Yayasan Qurrata’ayun Berbakti Jl. Petogogan 1 RT 01 RW 012, Kelurahan Gandaria Utara, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Minggu (20/12/15). Agenda rutin tahunan ini sedikitnya diikuti oleh sejumlah 20 anak dhuafa dari berbagai wilayah. Selain mengikuti khitan gratis, para peserta juga mendapatkan bantuan paket alat sekolah.

Sementara itu saat proses khitanan massal berlangsung,  pantauan Tim Media LKC Dompet Dhuafa, bahwa dari jumlah peserta sunnatan masal tersebut, terdapat 3 peserta yang gagal khitan, saat dikonfirmasi kepada tenaga medis yang kala itu bertugas, karena alasan medis, maka peserta tersebut urung di khitan.

Kami mohon maaf salah satu peserta tidak bisa dilakukan khitan disini, melainkan harus dilakukan di rumah sakit yang peralatannya lengkap, karena menurut keterangan dokter, anak itu menderita Hipospedia,” terang Pembina Yayasan Qurrata’ayun Berbakti, H. Ubaedi saat wawancara.

Kegiatan tahunan tersebut selalu dilakukan bekerja sama dengan LKC Dompet Dhuafa, hal ini ungkap H. Ubaedi mengingat integritas dan kepercayaan masyarakat yang bagus terhadap pelayanan dan prosesi khitan yang dilakukan LKC Dompet Dhuafa.

“Kita adakan setiap tahun, dan biasanya mereka para peserta itu daftarnya jauh-jauh hari, kata mereka hasil khitan di yayasan ini bagus, makanya sampai saat ini banyak yang tertarik dengan kegiatan kita” kata Ayah dari 4 anak itu.

Masih kata H. Ubaedi, bahwa selama ini yayasan yang ia kelola tersebut selalu konsen terhadap permasalahan yang dirasakan masyarakat yang kurang mampu, sejak berdiri dari tahun 2000, Yayasan yang awalnya bergerak dibidang pendidikan itu merasa terpanggil saat sebagian warga disekitarnya merasakan kesulitan dalam pembiayaan prosesi khitan

“Khitan kan biayanya saat itu lumayan besar kisaran antara 400-500 ribu, mereka banyak yang tidak sanggup, apalagi saat ini juga khitan tidak ditanggung oleh BPJS” ungkapnya saat wawancara di sela sela kegiatan khitan.

Sementara itu salah seorang orang tua peserta khitan, Ubaidilah mengungkapkan rasa bahagianya saat anaknya turut serta mengikuti khitan massal yang diselenggarakan oleh Yayasan Qurrata’ayun Berbakti.”Saya senang sekali, anak saya dapat ikut khitan disini, meski rumah saya jauh tapi disini hasilnya bagus,” tutur pria yang tinggal di daerah Pondok Cabe Tangerang Selatan.

Ubaidillah juga mengungkapkan rasa terima kasih dan merasa sangat terbantu. Selain itu ia berharap tahun depan kegiatan khitanan massal anak dhuafa ini dapat diikuti oleh peserta lebih banyak lagi,”Mudah – mudahan tahun depan lebih banyak lagi pesertanya,” ungkapnya.

Selain khitan, Yayasan Qurrata’ayun Berbakti juga kerap kali mengadakan bakti sosial dengan menyelenggarakan pengobatan gratis, meski awalnya pengobatan tersebut kerap bekerjasama dengan lembaga sosial lain. Namun saat ini jika even tersebut diselenggarakan maka tenaga medisnya hampir semuanya dilakukan oleh anak pengurus yang sudah lulus kuliah di kedokteran (gm/mj/sbb/dakwatuna)

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Olah Raga. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Yakesma Babel Ajak Anak Yatim dan Dhuafa Shopping Bareng

Figure
Organization