Home / Berita / Nasional / Menteri ESDM Pastikan Harga BBM Turun Pada Awal Januari 2016

Menteri ESDM Pastikan Harga BBM Turun Pada Awal Januari 2016

Menteri ESDM memastikan bahwa BBM akan turun pada awal Januari 2016. (liputandepok.com)
Menteri ESDM memastikan bahwa BBM akan turun pada awal Januari 2016. (liputandepok.com)

dakwatuna.com – Jakarta.  Harga bahan bakar minyak (BBM) akan turun pada Januari mendatang. BBM yang akan mengalami penurunan harga ini termasuk jenis Premium dan Solar yang selama ini penentuan harganya dilakukan oleh pemerintah, dengan penyesuaian setiap tiga bulan.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said menjelaskan, mengikuti tren penurunan harga minyak dunia yang terjadi saat ini, maka perhitungannya menunjukkan harga BBM bisa turun. Meski begitu, berapa angka penurunan BBM nanti, Sudirman mengaku pemerintah belum merumuskan perhitungan akhir.

“Saya kira sebelum akhir tahun kita sudah mesti putuskan gimana harga BBM. Tapi hampir dipastikan memang akan turun harga. Turunnya masih dikalkulasi, januari nanti,” kata Sudirman di kantornya, Selasa (22/12/15) sebagaimana dilansir republika.co.id

Sementara itu diberitakan sindonews.com beberapa waktu lalu, Direktur Jenderal Migas Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) I Gusti Nyoman Wiratmaja Puja menjelaskan masih harus mempertimbangkan beberapa faktor sebelum menurunkan Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis premium pada bulan ini atau paling lambat awal tahun 2016.

Menurutnya selain harga minyak dunia yang terus menurun saat ini, ESDM masih harus mempertimbangkan nilai tukar rupiah. “Kita juga lihat pergerakan kurs dan menghitung semuanya. Kisaran turunnya sedang kita hitung, belum bisa dibilang ya,” jelas I Gusti Nyoman Wiratmaja di Jakarta, Selasa (15/12/2015).

Dia juga menambahkan turunnya harga minyak dunia dalam tiga periode belakangan membuat pemerintah harus melakukan penyesuain terhadap harga BBM. “Ada sekitar 10% penurunan harga minyak dibanding tiga bulan sebelumnya,” ujarnya. (sbb/dakwatuna)

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Olah Raga. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Iran Ancam Tutup Selat Hormuz, Amerika Serikat Murka

Figure
Organization