Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Indonesia Tegaskan Bahwa Yerusalem Timur Ibu Kota Palestina

Indonesia Tegaskan Bahwa Yerusalem Timur Ibu Kota Palestina

Kota Yerusalem Timur. (merdeka.com)
Kota Yerusalem Timur. (merdeka.com)

dakwatuna.com – Jakarta.  Pemerintah Indonesia menegaskan dukungan kuat untuk Palestina dengan mengakui Yerusalem Timur sebagai ibu kota Palestina.

“Posisi Indonesia terkait status Yerusalem Timur sudah tegas dan tidak akan berubah, yaitu sebagai ibu kota Negara Palestina,’’ kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi pada pembukaan International Conference on the Question of Jerusalem di Hotel Borobudur, Jakarta, Senin (14/12/15), dilansir republika.co.id

Dia menegaskan, Yerusalem Timur tidak hanya penting bagi Palestina dan Israel, namun bagi  Muslim, Nasrani dan Yahudi.  Pasalnya, tiga agama berbeda ini sama-sama menganggap Yerusalem merupakan kota suci.

Ia menambahkan, isu status Yerusalem merupakan salah satu dari enam isu inti dalam konflik Palestina-Israel, selain isu pengungsi Palestina, pemukiman Yahudi, perbatasan, keamanan, dan air.

Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dalam pesan yang dibacakan UN Resident Coordinator, Douglas Broderick menyatakan pentingnya upaya menghilangkan tantangan perdamaian antara lain melalui revitalisasi proses perdamaian.

“Pembangunan pemukiman oleh Israel adalah ilegal dan melanggar hukum internasional,’’ ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Luar Negeri (Menlu) Indonesia Retno LP Marsudi menilai Israel tidak menunjukkan komitmen sejati untuk mencapai perdamaian dengan terus melakukan pendudukan ilegal di Yerusalem Timur yang merupakan ibu kota Palestina.

“Israel terus melakukan serangan teror di wilayah yang mereka duduki, ini jelas melanggar hukum internasional,” katanya, dikutip dari antaranews.com

Menteri Luar Negeri menegaskan bahwa pendudukan Israel di Yerusalem tidak boleh terus berlanjut karena mengancam tatanan hukum internasional, menimbulkan ketegangan antarnegara dan ketidakstabilan kawasan Timur Tengah. (sbb/dakwatuna)

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Olah Raga. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Opick: Jangan Berhenti Bantu Rakyat Palestina!

Figure
Organization