Topic
Home / Keluarga / Kesehatan / Kandungan Gizi Dan Nutrisi Pisang Kaya

Kandungan Gizi Dan Nutrisi Pisang Kaya

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
Ilustrasi. (woolerwheel.co.uk / Sulaymane Idris)
Ilustrasi. (woolerwheel.co.uk / Sulaymane Idris)

dakwatuna.com – Kandungan gizi dan nutrisi pisang sangatlah banyak, dan kesemuanya sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan Anda secara menyeluruh.

Sehat merupakan harta paling berharga yang dimiliki oleh setiap orang. Sayangnya, tidak semua orang rajin menjaganya sehingga sakit-sakitan terkadang akan dirasakan.

Sakit disebabkan oleh kurangnya peduli dengan kesehatan. Salah satunya adalah tidak merawatnya dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan gizi misalnya makanan yang berlemak, kemudian minuman bersoda dan lain sebagainya.

Pisang merupakan salah satu jenis buah-buahan sekaligus menjadi bahan pangan yang terbukti amat bermanfaat untuk tubuh. Khasiatnya ini biasa dirasakan oleh siapa saja yang mengkonsumsinya.

Yang utama, pisang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Hal ini dikarenakan oleh kandungan gizi dan nutrisi pisang yang memang luar biasa untuk hal tersebut. Tidak percaya? Coba perhatikan kandungan gizinya di bawah ini!

Pisang Kaya Akan Kalium

Tidak jarang jika saat ini kebanyakan dari Anda mengalami yang namanya tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi ini menjadi masalah paling serius karena kenyataannya masalah tersebut adalah salah satu penyebab berbagai masalah kronis lainnya.

Nah, di sini adalah gunanya mengkonsumsi pisang. Karena di dalam buah pisang ini terkandung kalium yang cukup. Kalium ini menjadi salah satu nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menetralkan tekanan darah tinggi.

Ada sekitar 467 mg kalium yang terkandung dalam satu buah pisang berukuran sedang. Ini menunjukkan jika buah ini memang layak untuk dikonsumsi sebagai bahan makanan yang menyehatkan tubuh.

Pisang Kaya Akan Kalsium

Tidak hanya kalium saja, namun kalsium juga tersemat di dalam buah yang rasanya manis ini. Jumlah kalsium yang terdapat dalam buah pisang ini sekitar 5 mg khususnya yang terkandung dalam 100 gram pisang.

Kalsium ini sangat baik untuk tubuh, khususnya bagi tulang. Tulang akan kuat ketika tubuh memproduksi kalsium, atau tubuh tidak kekurangan gizi tersebut sehingga sudah sewajarnya ketika Anda ingin menjaga tulang dari oestoporosis, maka mengkonsumsi buah pisang ini adalah alternatifnya.

Pisang Kaya Akan Karbohidrat

Untuk beraktivitas di tiap harinya, Anda memerlukan energi yang cukup. Kandungan gizi dan nutrisi pisang yang satu ini menjadi salah satu yang terbaik karena memang buah pisang ini kaya akan kandungan karbohidrat.

Karbohidrat ini nantinya akan diproses dalam tubuh menjadi sebuah energi. Dan energi inilah yang akan menjadikan Anda lebih kuat untuk menjalani kehidupan atau aktivitas di tiap harinya.

Kandungan karbohidrat dalam buah pisang ini cukup besar. Jumlahnya memang cukup sebanding dengan apa yang tubuh butuhkan sehingga bisa dianalogikan jika Anda sarapan pagi dengan buah ini, maka Anda sudah bisa mencukupkan kebutuhan nutrisi untuk diolah menjadi energi yang cukup besar.

Jumlah karbohidrat yang mana menjadi kandungan gizi dan nutrisi pisang ini sekitar 22,84 gram dari 100 gram berat pisang. Oleh karenanya, Anda tidak akan merasakan lemas meskipun tidak sarapan pagi dengan semisal nasi dan lain-lain.

Pisang Kaya Akan Vitamin C

Dalam beraktivitas di tiap harinya, Anda tentu saja selalu berhubungan langsung dengan radikal bebas. Ya, radikal bebas merupakan salah satu hal yang perlu dihindari karena faktanya radikal bebas ini adalah sumber dari segala penyakit.

Radikal bebas bisa berasal dari sengatan matahari langsung, polusi dan lain sebagainya. Dan menariknya, semua itu selalu berkaitan dengan keseharian Anda.

Proteksi diri Anda dari radikal bebas ini dengan mengambil manfaat dari Kandungan gizi dan nutrisi pisang ini. Apa itu ? Vitamin C yang akan menjadi penghalang radikal bebas.

Vitamin C ini merupakan antioksidan paling kuat yang dibutuhkan oleh setiap dari Anda. Betapa tidak, antioksidan menjadi salah satu zat yang mampu menangkal semua serangan radikal bebas yang nantinya akan membuat tubuh terserang dari setiap penyakit.

Dengan memiliki penghalang alami dari radikal bebas, maka Anda akan secara otomatis memiliki hijab atau penghambat yang langsung memagari tubuh Anda dari serangan penyakit. Jadi, sangat disayangkan jika Anda tidak memanfaatkannya untuk konsumsian sehat.

Ada sekitar 8,7 mg vitamin C yang termasuk dalam kandungan gizi dan nutrisi pisang ini. Jumlahnya diperoleh dari sekitar 100 gram buah pisang yang nantinya akan menjadi penghalang otomatis dari radikal bebas.

Pisang Kaya Akan Vitamin B6

Selama ini Anda masih menyepelekan buah pisang ini sebagai konsumsian yang berharga. Buah ini memang terlihat biasa saja, namun manfaatnya tidak bisa dianggap standar.

Kekeliruan ini menjadikan Anda tidak pernah mengkonsumsinya. Itu adalah hal yang kurang baik. Oleh karenanya, Anda perlu mengkonsumsinya.

Kandungannya adalah vitamin B6. Vitamin ini menjadi salah satu vitamin yang sangat bermanfaat untuk tubuh, mudah larut dalam tubuh Anda.

Jumlah kandungan gizi dan nutrisi pisang ini setidaknya 0,8 mg dalam 225 gram buah pisang. Gunanya adalah untuk menjaga kekebalan tubuh serta memperkuat atau menyehatkan sistem syaraf.

Dengan kata lain, Anda akan terbebas dari gangguan penyakit yang sulit disembuhkan yakni masalah yang berasal dari syaraf. Jadi, sangat beruntung sekali ketika Anda adalah penikmat buah pisang.

Nah, selain vitamin B6, sejumlah vitamin juga terkandung didalamnya. Diantaranya adalah vitamin A, D, K, dan masih banyak lainnya. Semua ini menjadi vitamin yang bakal memberikan kebugaran bagi tubuh Anda.

Pisang Kaya Akan Mineral

Tidak hanya vitamin diatas saja, namun juga kandungan gizi dan nutrisi pisang lainnya yakni sejumlah mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh Anda.

Diantara mineral yang terkandung dalam buah yang rasanya enak dan lembut di mulut ini adalah magnesium, fosfor, mangan, fluorida dan lain sebagainya. Kesemuanya menjadikan tubuh sangat kebal dengan berbagai penyakit.

Pisang Juga Mengandung Kalori

Sebagai salah satu buah yang bermanfaat, pisang menjadi salah satu buah unggulan dengan manfaat yang unggulan juga. Hal ini disebabkan oleh sejumlah kandungan yang melekat didalamnya.

Kandungan yang terakhir ini bisa sangat fleksibel untuk dimanfaatkan oleh Anda. Ya, Kandungan gizi dan nutrisi pisang yang terakhir adalah kalori yang notabenenya menjadi salah satu kandungan yang baik jika dikonsumsi secara pas.

Pas disini tidak akan menjadikan tubuh menjadi mudah gemuk. Artinya, Anda tidak boleh mengkonsumsi kalori secara berlebihan karena potensi gemuk akan segera terwujud.

Namun tenang saja, karena buah pisang ini jika dikonsumsi tidak berlebihan akan sangat baik. Khususnya jika Anda sedang menjalani diet, cukup konsumsi 1 buah saja. Tapi jika sebaliknya, yaitu untuk proses penggemukan tubuh, maka 3-5 buah pisang sangat dianjurkan.

Kenapa bisa menjadi buah untuk proses penurun berat badan? Karena buah ini lebih mudah mengenyangkan perut. Makanya, tidak salah jika Anda bisa juga memanfaatkannya untuk menurunkan berat badan.

Nah, untuk jumlah kalorinya ada sekitar 90-93 kalori dalam 100 gram buah pisang. Cukup besar namun bermanfaat untuk tubuh.

Demikianlah sekilas mengenai kandungan gizi dan nutrisi pisang yang sangat baik untuk merawat kesehatan tubuh Anda.

 

Redaktur: Deasy Lyna Tsuraya

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
Avatar
Sulaymane Idris adalah pendiri website www.sulaymaneidris.com. Penulis dilahirkan di Jakarta dan menempuh pendidikan umum di Institut Teknologi Bandung (ITB).

Lihat Juga

Zakat Sebagai Solusi Masa Depan BPJS Kesehatan

Figure
Organization