Topic
Home / Berita / Nasional / Jelang Pilkada Serentak, MUI Imbau Umat Islam Tidak Golput

Jelang Pilkada Serentak, MUI Imbau Umat Islam Tidak Golput

Pilkada serentak 2015 (inet). (kpud-madinakab.go.id)
Pilkada serentak 2015 (inet). (kpud-madinakab.go.id)

dakwatuna.com РJakarta.  Menjelang perhelatan Pilkada serentak 9 Desember 2015, Ketua Bidang Kerukunan Umat Beragama Majelis Ulama Indonesia (MUI) Yusnar Yusuf mengimbau kepada umat Islam untuk menggunakan hak. Yusnar mengatakan, pilkada merupakan momen demokrasi yang penting dan menentukan masa depan bangsa.

“Jangan sampai tidak memilih walaupun tidak suka dengan kandidatnya,” ujar Yusnar, sebagaimana dilansir¬†republika.co.id, Senin (7/12/15).

Ketua Umum Al Washliyah itu menyebut, saat ini ada skenario supaya umat Islam benci dengan pemerintahnya. Ia mengatakan, jika terjebak dalam skenario itu, justru umat Islam yang akan merugi. “Jangan ada yang golput,” tegas Yusnar.

Dengan mengikuti Pilkada, ujar Yusnar, artinya umat Islam telah menunaikan tanggung jawab terhadap negara. Terkait dengan kriteria pemimpin yang ideal, Yusnar mengimbau masyarakat untuk memilih pemimpin yang sayang kepada rakyat.

“Tuhan itu maha pengasih dan penyayang. Kalau sayang rakyat pasti akan perjuangkan kepentingan rakyat,” ungkapnya.

Oleh karena itu, Yusnar mengimbau masyarakat untuk mengecek kredibilitas calon pemimpin pilihannya. Setelah itu, ia meminta pilih yang pemimpin yang memiliki perhatian paling tinggi pada rakyat.

Nah, jadi hindari itu praktik-praktik serangan malam, serangan fajar, dan sebagainya itu,” ujar Yusnar.

Hal senada juga disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang mengimbau masyarakat untuk berpartisipasi aktif untuk menyalurkan hak pilihnya dalam penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak pada 9 Desember 2015.

Pernyataan itu disampaikan Presiden Jokowi dalam jumpa pers yang digelar secara mendadak di Istana Merdeka Jakarta, Senin malam.

Pada kesempatan itu, Presiden mengatakan ia mengimbau rakyat Indonesia di 269 daerah dapat berpartisipasi aktif menggunakan hak pilih dengan sebaik-baiknya.

“Jangan lupa untuk datang ke TPS, jangan lupa untuk memilih pemimpin Indonesia yang ditentukan saudara-saudara sendiri, rakyat sendiri,” katanya, dikutip dari antaranews.com

Presiden juga meminta Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo dan Kapolri Jenderal Polisi Badrodin Haiti untuk memastikan penyelenggaraan Pilkada berjalan dengan baik. (sbb/dakwatuna)

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Olah Raga. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Grand Launching SALAM Teknologi Solusi Aman Covid-19 untuk Masjid

Figure
Organization