Topic
Home / Berita / Silaturahim / PKPU Berikan Pelatihan dan Simulasi Kebencanaan Kepada Brigif Linud 17 Kostrad

PKPU Berikan Pelatihan dan Simulasi Kebencanaan Kepada Brigif Linud 17 Kostrad

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
Sinergi PKPU dengan Brigif Linud 17 Kostrad dikhususkan untuk melatih perwira-perwira junior agar siap dan memiliki skill penangulangan di berbagai bencana. (Jaka/Putri/PKPU)
Sinergi PKPU dengan Brigif Linud 17 Kostrad dikhususkan untuk melatih perwira-perwira junior agar siap dan memiliki skill penangulangan di berbagai bencana. (Jaka/Putri/PKPU)

dakwatuna.com – Jakarta.  Untuk ketiga kalinya dalam 3 tahun terakhir, Brigade Infanteri Lintas Udara (Brigif Linud) 17  (KOSTRAD) memberikan kepercayaan kepada Lembaga Kemanusiaan Nasional PKPU untuk mentransfer berbagai pengalaman dalam kebencanaan dengan menggelar berbagai simulasi penanganan bencana, Rabu (25/11/15). PKPU menurunkan 3 personil dari Team Disaster Risk Management (DRM) dan 6 personil relawan rescue.

Pelatihan berlangsung selama dua hari pada tanggal 24-25 November 2015. Pada hari pertama, materi yang diberikan adalah simulasi penanggulangan kebakaran dan simulasi kebakaran hutan. Hari kedua materi mengenai water rescue dan sekaligus simulasi pertolongan di air yang dilakukan di danau Pedongkelan Depok, dan dilanjutkan dengan simulasi evakuasi vertical rescue dilakukan di taman hutan lapangan tembak Brigif.

Sinergi PKPU dengan Brigif Linud 17 Kostrad ini dikhususkan untuk melatih perwira-perwira junior supaya siap dan memiliki skill penangulangan di berbagai bencana. Lettu Didik, salah satu koordinator dalam materi water rescue mengungkapkan bahwa latihan bersama ini sangat bermanfaat bagi mereka untuk menghadapi banjir yang kerap terjadi di Jabodetabek. Selain itu pengalaman melakukan evakuasi vertical rescue dan pemadaman api di hutan dengan mengandalkan alat seadanya merupakan pengalaman yang berharga dan membuat mereka bersemangat dan siap diturunkan di dunia bencana,” katanya

50 perwira Brigif Linud 17 diturunkan untuk mengikuti pelatihan ini dan mereka berharap pada tahun berikutnya PKPU masih bersedia membantu mereka dalam simulasi berikutnya dan bisa bersinergi saat bencana.‎

PKPU membuktikan konsekuensinya untuk latihan bersama Brigif Linud 17 saat pelatihan 2013 yang saat itu dipimpin Komandan Yudi Yudhoyono, dan pelatihan 2014 yang dipimpin oleh Mayor Kunto bahwa PKPU akan selalu siap membantu apabila diperlukan untuk pelaksanaan pelatihan dan simulasi kebencanaan. (Jaka/Putri/PKPU/sbb/dakwatuna)

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar

Lihat Juga

Tujuh Kompleks Pengungsi Sulteng Diresmikan ACT

Figure
Organization