Home / Berita / Internasional / Eropa / Erdogan: Semua Pihak Harus Hormati Hak Turki Menjaga Wilayahnya

Erdogan: Semua Pihak Harus Hormati Hak Turki Menjaga Wilayahnya

Presiden Recep Tayyip Erdogan (aa.com.tr)
Presiden Recep Tayyip Erdogan (aa.com.tr)

dakwatuna.com – Turki. Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, menyatakan bahwa semua pihak harus menghormati hak Turki menjaga kedaulatan wilayah teritorialnya.

“Turki sudah mengupayakan semaksimal mungkin agar penembakan pesawat tempur (Rusia) itu tidak terjadi. Kami menegaskan Turki tidak ada permusuhan apa pun dengan tetangganya, atau negara lain,” demikian isi pidato Erdogan dalam menyambut peringatan Hari Guru kemarin (24/11/2015).

“Kami tidak menghendaki peristiwa yang terjadi hari ini, dan kami merasakan ketidaknyamanan menghadapi situasi ini. Penembakan itu terjadi telah sesuai dengan ketentuan sebagaimana yang diumumkan sebelumnya,” jelas Erdogan dalam pidatonya di Istana Kepresidenan Turki di Ankara itu.

Sebelumnya pada Selasa pagi kemarin waktu setempat (24/11/2015), Kepala Staf Angkatan Bersenjata Turki mengatakan dalam sebuah rilis di situsnya bahwa sebuah pesawat tempur tidak dikenal (kemudian diketahui milik Rusia) telah ditembak jatuh setelah diberi peringatan 10 kali kali karena melanggar wilayah udara Turki.

Mengenai situasi Suriah, Presiden Erdogan menyebutkan bahwa Turki akan bekerja sama dengan pihak-pihak internasional untuk membuat kawasan khusus untuk bantuan kemanusiaan yang terletak di antara Laut Mediterania dan daerah Karkemis.

Area itu mencegah terjadinya bencana kemanusiaan kembali terhadap rakyat Suriah dan memberikan kesempatan kepada pengungsi Suriah untuk tinggal di negeri mereka sendiri.

“Pihak mana pun yang tidak mendukung upaya Turki untuk menciptakan area kemanusiaan ini, maka dianggap terlibat dan bertanggung jawab terhadap terbunuhnya warga-warga sipil yang tidak berdosa seperti saat ini,” tegas Erdogan. (rem/dakwatuna)

Sumber: Anadolu Agency

Redaktur: Rio Erismen

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar
Alumnus Universitas Al-Azhar Cairo dan Institut Riset dan Studi Arab Cairo.

Lihat Juga

Komunitas Muslim Jerman Minta Aparat Jaga Seluruh Masjid

Organization