Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Sekjen PBB Minta Uni Eropa Hormati Hak-hak Pengungsi

Sekjen PBB Minta Uni Eropa Hormati Hak-hak Pengungsi

Sekjen PBB, Ban Ki Moon (aa.com.tr)
Sekjen PBB, Ban Ki Moon (aa.com.tr)

dakwatuna.com – Amerika Serikat. Sekjen PBB, Ban Ki Moon, pada Rabu kemarin (18/11/2015) meminta perlakuan yang manusiawi terhadap pengungsi kepada negara-negara Eropa, di tengah sorotan dunia terhadap serangan bom di Paris minggu lalu.

Dalam pembicaraan via telepon dengan Presiden Perancis, Ki Moon menyampaikan kecamannya terhadap serangan teroris pada Jumat lalu itu, dan menyampaikan ucapan belasungkawa kepada keluarga dari 129 orang yang tewas dalam tragedi itu.

Ki Moon menggarisbawahi bahwa para pengungsi yang datang ke Eropa dan negara lain melarikan diri dari ekstrimisme dan terorisme di negaranya sehingga penting bagi Perancis dan negara-negara Eropa untuk tetap memperlakukan para pengungsi dan imigran secara manusia serta menghormati hak-hak mereka.

Imbauan Ki Moon muncul setelah adanya isu yang menyebutkan pelaku terror di Paris adalah pengungsi Arab yang datang ke Eropa. Isu tersebut sejauh ini mendorong beberapa pihak berhaluan kanan radikal serta sejumlah koran di Eropa memunculkan isu larangan masuknya pengungsi Arab dan negara-negara konflik ke kawasan tersebut.

Selama tahun 2015 ini, dilaporkan lebih dari 819.000 orang pengungsi dan imigran tiba di Eropa setelah melewati perjalanan berbahaya di Laut Mediterania. Menurut pendataan PBB, lebih dari 3.400 orang pengungsi yang kehilangan nyawa atau dilaporkan hilang ketika berusaha berupaya menyeberangi samudera luas dengan perahu dan perlengkapan seadanya. (rem/dakwatuna)

Sumber: Anadolu Agency

Redaktur: Rio Erismen

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar
Alumnus Universitas Al-Azhar Cairo dan Institut Riset dan Studi Arab Cairo.

Lihat Juga

Grand Launching SALAM Teknologi Solusi Aman Covid-19 untuk Masjid

Figure
Organization