Topic
Home / Berita / Nasional / Andhika, Pejuang Kemanusiaan yang Berpulang ‎Saat Berpuasa

Andhika, Pejuang Kemanusiaan yang Berpulang ‎Saat Berpuasa

Andhika Purbo Swasono, aktivis kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT). (ACTNews)
Andhika Purbo Swasono, aktivis kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT). (ACTNews)

dakwatuna.com – Jakarta.  Andhika Purbo Swasono, salah satu aktivis kemanusiaan terbaik Aksi Cepat Tanggap (ACT) meninggal dunia, dalam peristiwa kecelakaan di Jl. TB Simatupang, Jakarta Selatan, Senin (16/11/15).

Andhips, sapaan akrabnya,  dikenal oleh rekan-rekan seperjuangannya di ACT sebagai sosok yang tidak pernak menolak perintah untuk turun ke medan juang kemanusiaan. ‎Catatan emas sebagai aktivis kemanusiaan berderet. Almarhum semasa hidupnya pernah turun dalam aksi kemanusiaan ke Bangladesh, Somalia,  India, Kenya dan beberapa negara lainnya.

“Yang haq itu adalah kematian. Karena itu bagi orang beriman, kita harus bersiap untuk menghadapinya. Pelajaran dari almarhum adalah bahwa kematian jasad bagi seorang pejuang di jalan Allah bukanlah kematian tetapi justeru kehidupan,” ungkap Presiden ACT Ahyudin, yang langsung menuju RS Fatmawati, Jakarta (dari Bogor), begitu mendapat kabar duka tersebut.

“Mas Andhika tetap berkarya di tengah pengungsi meskipun saat itu hari raya Idhul Fitri maupun Idhul Adha. Dan itu bukan hanya sekali. Mas Andhika, sosok yang berdedikasi tinggi dengan tugas kemanusiaan,” ungkap Ahyudin.

“Kepada Mas Andhips, kami seluruh jajaran ACT menjadi saksi akan ketulusan Mas Andips dalam hidup, kegigihan Mas Andips dalam berjuang di medan tugas. Apa yang terjadi pada Mas Andips, menjadi pelajaran berharga dan bekal kami jalani hidup sebelum pada akhirnya kami juga pasti menemui kematian,” ujar N Imam Akbari Senior Vice Presiden ACT.

Yang lebih mengharukan, almarhum meninggal dalam keadaan puasa (Senin). Andhika meninggalkan seorang istri dan tiga anak. ‎Selamat jalan, Sahabat.  (ACTNews/sbb/dakwatuna)

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Olah Raga. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Grand Launching SALAM Teknologi Solusi Aman Covid-19 untuk Masjid

Figure
Organization