Home / Narasi Islam / Artikel Lepas / Menjaga Rahasia

Menjaga Rahasia

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.

diamdakwatuna.com – Setiap orang, pasti memiliki rahasia. Namun, apakah setiap orang mengetahui hakikat rahasia yang sesungguhnya dan bagaimana menyikapi sebuah rahasia itu?

Rahasia adalah hal-hal yang disembunyikan dan tak ingin diketahui oleh orang lain. Dan tentu, setiap orang akan berusaha sekuat tenaga untuk menyembunyikannya. Karena, ketika sebuah rahasia dibeberkan, entah apa hal buruk yang akan terjadi.

Namun, ada waktu di mana hati tak kuasa menahan lagi untuk memendam tetesan-tetesan rahasia yang semakin meluap. Terkadang, hati butuh sedikit ruang berlebih untuk menampungnya. Maka dari itulah, sebagian orang ingin menceritakan rahasia yang dimilikinya kepada orang terdekatnya.

Tak selamanya, rahasia yang disampaikan kepada orang lain akan tetap terjaga. Adakalanya rahasia itu akan menyebar seiring bergulirnya dan bergantinya waktu. Meskipun saat bercerita dahulu, pernah kita tekankan agar tak menceritakannya pada orang lain.

Namun, apa yang terjadi tidaklah akan selalu sama dengan apa yang diinginkan.

Hal ini, pernah dibahas oleh Jahidz; seorang penulis muslim yang hidup di Bashrah sekitar tahun 869 M. Beliau berkata, “Rahasia itu, jika telah melewati dada pemiliknya lalu keluar melalui lisannya kepada telinga seseorang maka seketika itulah tidak disebut lagi sebagai rahasia. Bahkan, lebih utama disebut sebagai penyebaran rahasia. Sesungguhnya, jika seseorang menyampaikan rahasianya pada orang kedua, dan hati orang kedua itu lebih sempit, maka rahasianya akan lebih cepat tersebar.”

Benarlah apa yang disampaikan oleh Jahidz. Terkadang, hati orang yang kita percaya untuk menyimpan rahasia kita hatinya lebih sempit daripada hati kita sendiri.

Maka, berhati-hatilah jika menceritakan rahasia yang dimiliki kepada orang lain. Pilihlah orang yang benar-benar bisa menjaga rahasiamu dan membantumu menyelesaikan masalah yang sedang kau hadapi.

Seorang penyair Arab juga pernah mengatakan, “Sirruka asiiruka, idza takallamta bihi, sirta asiirohu.

Rahasiamu bagaikan seseorang yang akan menawanmu. Jika kau mengatakan rahasiamu pada orang lain, maka dirimu akan menjadi tawanannya.

Maka, berhati-hatilah saat ingin menceritakan rahasia kepada orang lain.

Redaktur: Deasy Lyna Tsuraya

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Lihat Juga

Menyibak Rahasia Kesuksesan Ala Hadits Nabi tentang Pentingnya Ilmu, Ulama, dan Adab