Topic
Home / Berita / Internasional / Eropa / Perkembangan Investigasi Serangan Bunuh Diri di Perancis

Perkembangan Investigasi Serangan Bunuh Diri di Perancis

Tersangka yang sedang dicari kepolisian Perancis (islammemo.cc)
Tersangka yang sedang dicari kepolisian Perancis (islammemo.cc)

dakwatuna.com – Perancis. Pemerintah Perancis diberitakan telah mengeluarkan surat perintah penangkapan terhadap salah satu tersangka peledakan bom di Perancis atas nama Abdusalam Shalah, sebagaimana dikutip Islam Memo (16/11/2015).

Pihak kejaksaan Perancis juga mengumumkan telah mengidentifikasi dua pelaku bom bunuh diri lainnya setelah berhasil mengidentifikasi identitas seorang pelaku yang menyerang Balai Batklan Sabtu kelmarin (14/11/2015).

Jaksa Agung Perancis, Francois Moulin, dalam pernyataan menyebutkan bahwa dua pelaku tersebut sebelumnya bermukim di Belgia. Salah satu dari pelaku berusia 20 tahun yang melakukan serangan bunuh diri di pelabuhan dekat Stade de France, sementara yang kedua berusia 31 tahun, meledakkan dirinya di Boulevard Voltaire, timur Paris.

Setelah dua hari serangan berdarah di Paris itu, otoritas keamanan Perancis tampak bertindak cepat dan berhasil mengindentifikasi tiga orang pelaku. Penyelidikan saat ini difokuskan ke Belgia, karena dua orang pelaku pernah bermukim di sana.

Pelaku pertama berusia 29 tahun disebutkan bernama Umar Ismail Mutafa-i, satu-satunya yang baru teridentifikasi dari sekelompok pelaku di Batklan, merupakan warga Perancis kelahiran daerah pinggiran Paris.

Sementara pihak kejaksaan Belgia mengumumkan dua pelaku warga Perancis lainnya bermukim di Belgia di wilayah Molenbeek.

Dijelaskan bahwa dua mobil bermerk Polo dan Seat yang diduga digunakan pelaku dalam aksi serangannya disewa sejak awal minggu di Belgia. Mobil Seat ditemukan penuh dengan senapan Kalashnikov di wilayah Montreux, timur Paris.

Aksi serangan teroris pada pada Jumat malam di Paris telah menyebabkan 129 orang tewas dan lebih dari 350 terluka. Pihak kepolisian Perancis sedang mengejar dan mencari tahu pelaku-pelaku terlibat lainnya yang melarikan diri.

Kepolisian Belgia juga mengumumkan telah menahan 7 orang yang diduga terkait dalam aksi serangan tersebut pada Sabtu kelmarin, satu di antaranya yang menyewa mobil tersebut, ditangkap kepolisian di dekat perbatasan Perancis-Belgia. (rem/dakwatuna)

Sumber: Islam Memo

Redaktur: Rio Erismen

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar
Alumnus Universitas Al-Azhar Cairo dan Institut Riset dan Studi Arab Cairo.

Lihat Juga

Manipulasi Esemka

Figure
Organization