Home / Berita / Nasional / Mulai Hari Ini, Ratusan Driver Go-Jek Akan Mogok Kerja

Mulai Hari Ini, Ratusan Driver Go-Jek Akan Mogok Kerja

Ratusan Driver Go-Jek akan melakukan aksi unjuk rasa selama tiga hari (inet). (suaramerdeka.com)
Ratusan Driver Go-Jek akan melakukan aksi unjuk rasa selama tiga hari (inet). (suaramerdeka.com)

dakwatuna.com – Jakarta.  Ratusan driver layanan ojek aplikasi Go-Jek rencananya akan melakukan mogok kerja selama tiga hari mulai Senin, Rabu, dan Jumat.

“Kami berencana akan melakukan aksi pada tanggal 16, 18, dan 20 November. Paling sedikit akan diikuti 200 pengemudi, tetapi bisa saja bertambah,” kata pengemudi Go-Jek yang menjadi koordinator aksi, Fitrijansjah Toisutta, sebagaimana dilansir kompascom, Minggu (15/11/15).

Menurut Fitrijansjah, unjuk rasa direncanakan akan dilakukan di kantor Go-Jek di Kemang, Jakarta Selatan, dan kantor Kementerian Tenaga Kerja.

Unjuk rasa ini dipicu oleh langkah manajemen Go-Jek yang telah melakukan pemotongan honor sebesar Rp 40.000 terhadap semua pengemudi Go-Jek.

“Mereka menyebut potongannya untuk seragam, jaket, atribut, dan segala macam. Padahal, dalam perjanjian, tidak ada. Dalam perjanjian, potongan hanya untuk kredit handphone,” tutur Fitrijansjah.

Terkait tidak adanya potongan tersebut sebenarnya telah dinyatakan oleh CEO Go-Jek Indonesia Nadiem Makarim beberapa waktu yang lalu. Nadiem mengatakan, setelah calon driver Go-Jek dinyatakan oke dan memenuhi semua persyaratan, calon driver Go-Jek akan diberikan tiga fasilitas.

“Biasanya prosesnya bisa hari itu juga atau H+1 nya. Nanti akan kami berikan jaket, helm Go-Jek dan ponsel android serta cara penggunaannya. Itu kami berikan gratis tanpa dipungut biaya,” tandas Nadiem, dikutip dari jpnncom.

Adapun tahapan rekrutmen driver Go-Jek menurut  lulusan Harvard itu adalah Pertama, mengisi formulir yang sudah disediakan, Tahap kedua adalah proses interview face to face. Di sini juga akan dilihat seberapa besar motivasi calon driver Go-Jek untuk bekerja. Tahap ketiga, calon driver akan ditanya seputar area Jakarta dan sekitarnya.

Setelah tiga tahap lolos, pihak manajemen akan meminta Kartu Tanda Penduduk (KTP), Ijazah pendidikan terakhir, Surat Izin Mengemudi (SIM). Nah, bagi calon driver yang KTP luar Jakarta, manajeman akan mengkroscek langsung kepada pihak keluarga. (sbb/dakwatuna)

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Olah Raga. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Mengenang 5 Tahun Tragedi Rabi’ah di Mesir

Organization