Home / Berita / Daerah / Ternyata Warga Jakarta Lebih Suka Kang Emil Dibanding Ahok

Ternyata Warga Jakarta Lebih Suka Kang Emil Dibanding Ahok

Survei Cyrus Network menunjukkan bahwa Wali Kota Bandung Ridwan Kamil menjadi tokoh yang paling disukai warga Jakarta. (cikalnews.com)
Survei Cyrus Network menunjukkan bahwa Wali Kota Bandung Ridwan Kamil menjadi tokoh yang paling disukai warga Jakarta. (cikalnews.com)

dakwatuna.com – Jakarta.  Berdasarkan Survei terbaru yang dilakukan Cyrus Network menunjukkan bahwa Wali Kota Bandung Ridwan Kamil menjadi tokoh yang paling disukai warga Jakarta.

Namanya melejit di posisi pertama dengan persentase 72,4 persen.

Di bawah Ridwan, ada mantan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini dengan 71,9 persen dan Gubernur Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), di peringkat ketiga dengan 67,2 persen.

“Jadi, meskipun elektabilitasnya di peringkat pertama, dalam likeabilitas Ahok hanya berada di peringkat ketiga,” kata peneliti Cyrus, Eko David Afianto, di Cikini, Menteng, Jakarta Pusat, sebagaimana dilansir kompascom, Rabu (11/11/2015).

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama tidak berkomentar banyak ketika diminta tanggapan mengenai hasil terbaru Cyrus Network.

“Itu mah tergantung orang Jakarta saja. Kamu suka sama orang mana bisa diatur,” kata Basuki, di Balai Kota, Kamis (12/11/2015).

Bahkan, jika elektabilitas Emil semakin naik, bukan tidak mungkin Emil-lah yang akan memenangi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI 2017.

“Ya… bagaimana ya, paling aku enggak terpilih lagi di 2017,” kata Basuki seraya meninggalkan wartawan.

Emil menduduki posisi pertama dengan persentase 72,4 persen. Di bawah Emil, ada mantan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini dengan 71,9 persen dan Gubernur petahana, Basuki, di peringkat ketiga dengan 67,2 persen.

Survei terbaru ini dilakukan pada periode 27 Oktober-1 November 2015. Survei melibatkan 1.000 responden yang tersebar di seluruh wilayah DKI Jakarta.

Penarikan responden dilakukan dengan teknik multistage random sampling dengan margin of error sekitar 3 persen.

Sementara itu, dikutip dari jpnncomCyrus Network juga pernah melakukan survei pada 23 April hingga 27 April 2015. Hasil Survei menyebut bahwa Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), Walikota Bandung Ridwan Kamil, dan Walikota Surabaya Tri Rismaharini (Risma) menjadi nominantor kuat menjadi orang nomor satu di ibu kota.

Yang menarik dari hasil survei yaitu, ketiganya diinginkan masyarakat maju di Pilgub DKI 2017 lewat jalur independen‎, bukan lewat jalur partai politik (parpol).

Metode yang dilakukan adalah multistage random sampling. Responden tersebar secara proporsional di seluruh wilayah kelurahan DKI Jakarta dengan umur minimal 17 tahun.

Responden terpilih diwawancarai lewat tatap muka. Jumlah responden 1.000 orang dengan tingkat kepercayaan 95 persen dan margin of error kurang lebih 3,1 persen. (sbb/dakwatuna)

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Olah Raga. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Ambisi Israel Kosongkan Gaza dari Warga Palestina

Organization