Topic
Home / Berita / Internasional / Eropa / London: Mesir ‘Gagal’ dalam Melatih Petugas Keamanan Bandaranya

London: Mesir ‘Gagal’ dalam Melatih Petugas Keamanan Bandaranya

Petugas bandara di Mesir (aljazeera.net)
Petugas bandara di Mesir (aljazeera.net)

dakwatuna.com – Mesir. Menlu Inggris menyalahkan lemahnya pengamanan di bandara Mesir sebagai salah satu penyebab kecelakaan pesawat Rusia pada akhir Oktober lalu di Semenanjung Sinai.

Menlu Philip Hammond mengatakan “masalah budaya” adalah salah satu kelemahan utama pengamanan bandara di Mesir yang ditunjukkan oleh “kegagalan yang nyata” otoritas keamanan bandara mencegah penyelundupan bom ke dalam pesawat.

Hammond menyebut Mesir sebagai salah satu negara yang gagal melatih petugas keamanan bandara sebagaimana mestinya dan mendesak mereka untuk meningkatkan standar pengamanan bandaranya.

Hammond menyatakan, sebagaimana dikutip Aljazeera dari Daily Telegraph (11/11/2015), “ada masalah budaya di sini, saya tidak hanya menyorot Mesir karena ini sebenarnya masalah bandara-bandara di sebagian besar negara-negara di dunia ini.”

Dia menambahkan, berbicara kepada wartawan di Washington pada hari Selasa, “Ada negara-negara di belahan bumi ini menderita situasi seperti itu juga.”

Direktur eksekutif perusahaan penerbangan EasyJet, Carolyn McCall, membenarkan pandangan Hammond dan menyatakan perlunya upaya memperketat standar pengamanan di berbagai-bagai bandara.

Sejauh ini hasil investigasi sementara menduga kuat penyebab utama kecelakaan pesawat penumpang Rusia tanggal 31 Oktober 2015 lalu di dekat kawasan wisata Mesir, Sharm al-Sheikh, adalah bom yang diselundupkan ke dalam pesawat dan meledak saat di udara.

Pemerintah Inggris sejauh ini memutuskan untuk menghentikan penerbangan Sharm al-Sheikh-London setelah melihat rekaman-rekaman video bagaimana proses pengamanan bandara itu selama ini. (rem/dakwatuna)

Sumber: Aljazeera

Redaktur: Rio Erismen

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar
Alumnus Universitas Al-Azhar Cairo dan Institut Riset dan Studi Arab Cairo.

Lihat Juga

Manipulasi Esemka

Figure
Organization