Topic
Home / Berita / Nasional / Lima Tokoh Nasional Terima Gelar Pahlawan

Lima Tokoh Nasional Terima Gelar Pahlawan

Ahli waris dan perwakilan ke lima tokoh yang mendapat gelar pahlawan di Istana Negara, Kamis (5/11/15). (republika.co.id)
Ahli waris dan perwakilan ke lima tokoh yang mendapat gelar pahlawan di Istana Negara, Kamis (5/11/15). (republika.co.id)

dakwatuna.com – Jakarta.  Presiden Joko Widodo, memberikan gelar Pahlawan nasional kepada lima orang yang merupakan tokoh pejuang bangsa. Penganugerahan gelar Pahlawan tersebut ditandari dengan pemberian plakat secara simbolik  kepada ahli waris atau perwakilan penerima gelar di Istana Negara, Kamis (5/11/15).

Kelima tokoh tersebut diberikan gelar berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 116/TK/2015 yang ditandatangani pada tanggal 4 November 2015.

Dikutip dari harianterbit.com, berikut tokoh yang diberikan gelar Pahlawan:

1. Alm. Bernard Wilhem Lapian, dari Sulawesi utara,
2. Alm. Mas Isman, dari Jawa Timur;
3. Alm. Komjen. Pol. Moehammad Jasin, dari Jawa Timur;
4. Alm. I Gusti Ngurah Made Agung, dari Bali; dan
5. Alm. Ki Bagus Hadikusumo tokoh dari Yogyakarta.

Sementara itu, Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa menjelaskan, penganugerahan gelar Pahlawan Nasional itu memerlukan proses dan waktu yang cukup panjang. Nama yang akan disematkan gelar itu harus diusul dari tingkat daerah.

Ada beberapa pertimbangan yang dilakukan. Di antaranya, nama yang ‘calon’ Pahlawan Nasional itu harus mendapat pertimbangan dari Tim Peneliti, Pengkaji Gelar Pusat (TP2GP).

“Jadi, pertimbangan pertama dari TP2GP pusat itu sudah berasal dari TP2GP kabupaten/kota, kemudian TP2GP provinsi baru TP2GP pusat. Setelah mereka melakukan berbagai macam verifikasi, karena sebagian besar adalah para sejarawan dan akademisi,” kata Khofifah dikutip dari detikcom.

Selanjutnya, TP2DP menyerahkan nama-nama itu ke Dewan , Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan. “Dari dewan gelar diputuskan untuk tahun ini penganugerahan kepada 4 dari TP2GP 2015, dan 1 dari tim dewan gelar yang dulu memang sudah pernah menyepakati Ki Bagus Hadikusumo. Sehingga 5 lah yang hari ini mendapatkan gelar pahlawan nasional dari Presiden,” jelas Khofifah.

Dengan pemberian anugerah ini, hingga saat ini sudah 168 orang yang ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional. (sbb/dakwatuna)

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Olah Raga. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Keikhlasan Dalan Kerja Dakwah

Figure
Organization