Topic
Home / Berita / Internasional / Afrika / Apa Pengaruh Klaim ISIS Jatuhkan Pesawat Rusia? Ini Beberapa Kemungkinannya

Apa Pengaruh Klaim ISIS Jatuhkan Pesawat Rusia? Ini Beberapa Kemungkinannya

Apakah benar ISIS di Sinai yang telah menjatuhan pesawat Rusia ini? Ada beberapa fakta tentang jatuhnya pesawat ini.
Pertama, perusahaan pemilik pesawat ini menyatakan bahwa pesawatnya jatuh dalam posisi lurus ke bawah. Lalu terbelah menjadi dua.

Kedua, pesawat ini telah dikontrol kelayakannya sebelum terbang. Sehingga telah memenuhi strandar penerbangan internasional.

Ketiga, orang yang menenerbangkannya adalah seorang pilot profesional yang telah mempunyai pengalaman terbang 12.000 jam terbang.

Karena itulah, kemungkinan jatuh disebabkan kesalahan manusia adalah hal yang mustahil. Demikian juga kemungkinan kesalahan teknis.

Tapi walaupun demikian bukan berarti ISIS benar-benar yang telah menjatuhkannya. Masih ada kemungkinan faktor saat terakhir yang terjadi dan tidak bisa ditangani.

Tapi saat ini ada rumor bahwa dataran Sinai adalah wilayah yang sangat mudah dimasuki kepentingan militer regional ataupun internasional. Sangat mungkin wilayah ini digunakan untuk aksi balas dendam pihak-pihak tertentu. Di antaranya juga balas dendam yang mungkin dilakukan ISIS atas intervensi Rusia di Suriah.

Ada juga kemungkinan kesengajaan agar Rusia masuk ke wilayah Sinai ini agar terlibat lebih dalam lagi dalam konflik yang sedang terjadi di Timur Tengah. Pihak ini ingin Rusia membayar mahal atas keputusannya mengintervensi masalah Suriah.

Atau penguasa Mesir memang sengaja menarik masuk Rusia ke Mesir. Sehingga Mesir bisa memanfaatkan keberadaan Rusia untuk …

Redaktur: M Sofwan

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar
Ketua Studi Informasi Alam Islami (SINAI) periode 2000-2003, Kairo-Mesir

Lihat Juga

Konflik Air Antara Ethiopia, Sudan, dan Mesir

Figure
Organization