Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Harap Cemas Menjelang Pemilu Turki, AKP Diperkirakan Tidak Menang Telak Lagi

Harap Cemas Menjelang Pemilu Turki, AKP Diperkirakan Tidak Menang Telak Lagi

Mustafa Hamitoglu di Turk Press, Jumat (30/10/2015) kemarin, mengatakan bahwa saat ini terdapat kekhawatiran dan kecemasan di berbagai kalangan di Turki. Sebabnya, tidak ada yang bisa memprediksi hasil pemilu.

Menurut Hamitoglu, kebanyakan lembaga survei menyatakan bahwa hasil pemilu kali ini tidak akan banyak berbeda dengan pemilu kemarin. Di antara kesamaannya adalah Partai Rakyat Demokratik Kurdi (HDP) akan berhasil mendapatkan 10% atau lebih, sehingga masuk ke gedung parlemen.

Sedangkan perolehan Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP) tidak akan lebih dari 44%. Bahkan lembaga survei yang pro AKP pun demikian hasilnya. AKP diperkirakan tidak bisa memanfaatkan pemilu ulang atau dini ini untuk memperbaiki perolehannya sehingga bisa membentuk pemerintahan/kabinet tanpa berkoalisi dengan partai lain.

Hasil seperti ini adalah bencana bagi AKP, karena harus berkoalisi dan turun nilai tawar dan syaratnya. Dengan demikian, AKP selanjutnya akan melemah, dan bisa berujung kepada nasib partai-partai kuat yang sekarang hanya tinggal namanya saja.

Banyak hal, menurut Hamitoglu, yang menyebabkan menurunnya perolehan AKP. Di antaranya…

Redaktur: M Sofwan

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Ketua Studi Informasi Alam Islami (SINAI) periode 2000-2003, Kairo-Mesir

Lihat Juga

Grand Launching SALAM Teknologi Solusi Aman Covid-19 untuk Masjid

Figure
Organization