Topic
Home / Berita / Silaturahim / Kelompok Arisan Jamban, Hadirkan Jamban Sehat untuk Keluarga di Dusun Jeruklegi

Kelompok Arisan Jamban, Hadirkan Jamban Sehat untuk Keluarga di Dusun Jeruklegi

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
Pembangunan jamban sehat , yang dipelopori oleh Kelompok Arisan Jamban Dusun Jeruklegi Desa Katongan Kecamatan Nglipar Gunung Kidul Yogyakarta. (Vina/kis/PKPU)
Pembangunan jamban sehat , yang dipelopori oleh Kelompok Arisan Jamban Dusun Jeruklegi Desa Katongan Kecamatan Nglipar Gunung Kidul Yogyakarta. (Vina/kis/PKPU)

dakwatuna.com – Gunung Kidul.  Sebagian besar warga Jeruklegi RT. 004/05 masih banyak yang melakukan  pola hidup yang kurang sehat. Ini terlihat dari tidak adanya jamban dalam setiap rumah yang mereka tinggali.  Hal inilah yang melatarbelakangi dibentuknya Kelompok Arisan Jamban (KAJ).

‎Warga sebulan sekali selalu melaksanakan gotong royong pembangunan jamban sehat untuk keluarga, yang dipelopori oleh Kelompok Arisan Jamban Dusun Jeruklegi Desa Katongan Kecamatan Nglipar Gunung Kidul  Yogyakarta‎.

Program Kelompok Arisan Jamban ini merupakan masyarakat yang dibentuk oleh PKPU untuk peduli dan bergerak mengatasi masalah sanitasi yang ada di lingkungannya.

Pembangunan jamban kali ini adalah pembangunan jamban sehat keluarga yang ke-11. Anggota arisan jamban yang beruntung mendapatkan adalah keluarga Suryanto.

Ada  sedikit yang berbeda dengan bulan-bulan sebelumnya. Biasanya, seluruh anggota KAJ yang berjumlah 21 Kepala Kelurga turut serta dalam pembangunan. Namun, kali ini hanya 5 anggota KAJ yang bisa ikut gotong royong, karena adanya kegiatan lain di dusun Jeruklegi, salah satunya yaitu kerja bakti perbaikan jembatan. Warga harus berbagi peran agar setiap kegiatan di wilayahnya dapat berjalan dengan baik.

Hal menarik dari pembangunan kali ini yaitu pembangunan septictank dan pengecoran untuk dudukan closet dapat diselesaikan hanya dalam waktu 3 jam dengan pekerja 5 orang.(27/10)

“Alhamdulillah, sekarang saya sudah memiliki jamban sehat untuk keluarga saya. Saya sangat senang karena walaupun hanya beberapa orang yg ikut gotong royong, pembangunan bisa selesai dalam satu hari, terimakasih PKPU dan KAJ”, ucap Suryanto saat pembangunan jambannya selesai. (Vina/kis/PKPU/sbb/dakwatuna)

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar

Lihat Juga

Sinabung Meletus, PKPU Human Initiative Terjunkan Tim Rescue

Figure
Organization