Topic
Home / Berita / Silaturahim / MYFLT 2015, Upaya Menyamakan Langkah Aktivis Dakwah Sekolah dan Kampus

MYFLT 2015, Upaya Menyamakan Langkah Aktivis Dakwah Sekolah dan Kampus

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
MYFLT Salam UI 2015
MYFLT Salam UI 2015

dakwatuna.com – Jakarta.  Sabtu, 10 Oktober 2015 yang juga bertepatan dengan 27 Dzhulhijjah 1436 H, UKM Salam UI (Unit Kegiatan Mahasiswa Nuansa Islam Mahasiswa) menyelenggarakan kegiatan daurah bagi pengurus Rohis SMA se-Jabodetabek yang bernama Muslim Youth Future Leader Training (MYFLT) Salam UI 2015. Acara bertempat di aula utama Masjid Ukhuwah Islamiyah, Universitas Indonesia, Kampus Depok.

Acara ini diikuti 208 orang pengurus Rohis yang berasal dari 47 SMA yang ada di Jabodetabek. Acara ini diisi oleh dua pembicara yang merupakan alumni UI, yakni Moh. Amar Khoirul Umam, S.H. yang merupakan anggota MWA Unsur Mahasiswa UI 2014 dan Evi Nurhidayati, S.Gz. seorang Mahasiswa Berprestasi (Mapres) 2 Fakultas Kesehatan Masyarakat UI tahun 2014.

Menurut Sekretaris Jenderal SALAM UI 18, Aditya Firmansyah, acara ini bertujuan untuk menyamakan langkah antara aktivis dakwah di sekolah maupun di kampus dikarenakan dakwah sekolah dan dakwah kampus sama-sama bertujuan untuk menyiarkan Islam. Antara dakwah sekolah dan dakwah kampus juga seharusnya saling dukung-mendukung, tidak bersinggungan. Aktivis dakwah sekolah yang kini berada di kampus dapat memberikan kontribusinya untuk dakwah kampus dan sebaliknya aktivis dakwah kampus pun juga dapat memberikan dukungan serta bantuan untuk kemajuan dakwah di sekolah

Rangkaian acara MYFLT Salam UI 2015 ini dimulai pada pukul 09.00 WIB dengan sambutan oleh Ketua Pelaksana Acara, Thareq Akmal Hibatullah, Fakultas Hukum UI 2014, dan perwakilan UKM Salam UI yang diwakili oleh Sekretaris Jenderal Salam UI 18, Aditya Firmansyah, Fakultas Ilmu Budaya 2011 sekaligus mengisi sesi pengenalan UKM Salam UI. Acara kemudian dilanjutkan dengan materi tentang “Karakter Pemuda Muslim” oleh Moh. Amar Khoirul Umam. Setelah materi pertama, peserta melakukan ishoma sampai bada zhuhur dan dilanjutkan dengan materi kedua oleh Evi Nurhidayati mengenai “Motivasi Studi”. Acara lalu dilanjutkan dengan diskusi mengenai keadaan syiar Islam di masing-masing sekolah.

Acara ini diakhiri dengan focus group discussion antar sekolah yang bertujuan untuk sharing mengenai kegiatan syiar Islam di masing-masing sekolah serta kendala yang dihadapi. Hal tersebut bertujuan untuk mengetahui hal-hal apa saja yang dapat dakwah kampus lakukan untuk membantu kelangsungan syiar Islam di sekolah-sekolah, mulai dari ketersediaan mentor maupun bantuan, misalnya finansial. Output dari acara ini ialah terbentuknya Salam UI Youth Club sebagai sarana koordinasi antara para peserta dan panitia. Dengan terbentuknya Salam UI Youth Club, diharapkan ada langkah konkret sebagai tindak lanjut acara MYFLT Salam UI 2015.

Antusiasme yang muncul dari para peserta cukup besar. Selain dikarenakan materi – materi yang dibawakan oleh para pembicara cukup menarik dan dekat dengan kehidupan para peserta, kesempatan yang ditawarkan dalam MYFLT Salam UI 20115 kepada para peserta untuk menumpahkan berbagai uneg – uneg para peserta dalam sesi focus group discussion dan menjalin kerja sama lebih lanjut dengan Salam UI terbukti menjadi daya tarik tersendiri bagi para peserta. “Kami berharap dapat bekerja sama dengan Salam UI untuk melaksanakan program tafakur alam sekolah kami.”, tandas Imam, siswa SMA Negeri 61 Jakarta. Sementara Dicky, siswa SMA Negeri 4 Depok berkata, “Saya berharap bahwa Salam UI dapat turut berperan aktif dalam kegiatan dakwah di SMA, termasuk dalam mencegah masuknya pengaruh-pengaruh buruk ke siswa SMA.” (sbb/dakwatuna)

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
Avatar
Mahasiswa semester 3 FIK UI 2014.

Lihat Juga

Salurkan Potensi Pelajar, Rohis SMAN 13 Jakarta Selenggarakan Agenda Keislaman

Figure
Organization