Topic
Home / Berita / Internasional / Amerika / Mantan Komedian Menangkan Pemilu Presiden Guatemala

Mantan Komedian Menangkan Pemilu Presiden Guatemala

Jimmy Morales, dari aktor komedi menjadi kepala negara (therakyatpost.com)
Jimmy Morales, dari aktor komedi menjadi kepala negara (therakyatpost.com)

dakwatuna.com – Guatemala. Mantan komedian TV yang tidak berpengalaman dalam pemerintahan diumumkan memenangkan Pilpres Guatemala (26/10/2015) setelah skandal korupsi berhasil menggulingkan presiden negara itu yang memicu kemarahan rakyat terhadap rezim berkuasa.

Sebagai ‘orang luar,’ Jimmy Morales berhasil meraih simpati rakyat Guatemala dengan menjanjikan pemerintahan yang bersih. Popularitasnya melonjak dalam jajak pendapat sejak penyelidikan dugaan kasus korupsi jutaan dolar yang menyebabkan pengunduran diri dan penangkapan Presiden Otto Perez.

Survei pemilih menunjukkan Morales akan sangat mudah mengalahkan mantan ibu negara Sandra Torres, yang juga bersumpah untuk mengatasi korupsi, tetapi dipandang oleh banyak pemilih sebagai bagian dari rezim lama.

“Jika saya harus memilih, maka saya akan menjatuhkannya pada Jimmy Morales. Setidaknya Morales tidak memiliki catatan negatif di mata kami selama ini,” kata Nelson Lemus, instruktur latihan mengemudi (37 tahun).

Meskipun demikian, program-program yang diusulkan mantan aktor komedi TV selama 14 tahun tetap mendapatkan kritikan karena dinilai aneh, seperti usulan melengkapi guru dengan perangkat GPS untuk memastikan mereka masuk kelas dan melaksanakan tugasnya.

“Dia tidak memiliki program dan tidak ada tim sukses yang dapat diandalkan,” kata Hugo Novales, seorang pengamat politik Guatemala dari lembaga peneliti ASIES. Morales dimenangkan oleh faktor ketidakpuasan begitu tinggi terhadap rezim lama, tambahnya. (rem/dakwatuna)

Sumber: The Rakyat Post

Redaktur: Rio Erismen

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar
Alumnus Universitas Al-Azhar Cairo dan Institut Riset dan Studi Arab Cairo.

Lihat Juga

Trump Gelar Buka Puasa Bersama Tanpa Kehadiran Komunitas Muslim

Figure
Organization