Topic
Home / Narasi Islam / Artikel Lepas / Siapakah Orang Alim Itu?

Siapakah Orang Alim Itu?

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
Ilustrasi. (islamreview.ru)
Ilustrasi. (islamreview.ru)

dakwatuna.com – Selama ini kebanyakan orang beranggapan bahwa yang dinamakan orang alim itu adalah orang yang, pandai, banyak ilmunya, ahli serta pakar dalam ilmu agama. Dan syeikh, kyai, ustadz, gus, habib serta yang sebangsanya, adalah orang orang yang dilabeli sebagai orang pandai, banyak ilmunya, ahli serta pakar dalam ilmu agama. Maka merekalah yang disebut orang orang alim.

Anggapan seperti itu tidak sepenuhnya salah namun juga tidak benar sepenuhnya. mengapa demikian? Sebab di dalam Alquran surat fathiir (38]ayat yang ke 28, Allah swt berfirman yang artinya, ’’Sesungguhnya yang takut kepada Allah di antara hamba hamba-Nya, hanyalah ulama (orang alim).

Jadi, orang itu dikatakan sebagai orang alim manakala di dalam dirinya memiliki khasy-yah atau rasa takut kepada Allah swt. Rasa takut yang menjadikan seseorang itu berhati hati dalam setiap tindakan dan perbuatanya. Rasa takut yang membuat orang merasa Senantiasa diawasi Allah. Rasa takut yang membuat orang tersebut waspada jangan sampai terjerumus kedalam perbuatan yang dilarang Allah.

Meskipun ahli agama dan banyak ilmunya namun jika dalam dirinya tidak ada khasy-yah maka hakekatnya ia adalah orang bodoh. Biarpun orang menyebutnya, kyai, gus, ustadz, habib, ulama, atau apa sajalah, tapi bila tidak punya rasa takut kepada Allah sungguh mereka bukanlah orang alim.

Dan sebaliknya biarpun bukan pakar dan ahli agama. Ilmunya pun tidak seberapa namun khasyyah-nya atau rasa takutnya kepada Allah tinggi maka dia itulah orang alim. Dalam sebuah hadist qudsi dikatakan, Rasullah saw. bersabda: Tuhanmu kagum terhadap pengembala kambing di ujung bukit yang di kala didengungkan adzan ia terus mendirikan shalat. Lalu Allah yang maha mulia dan maha besar berfirman: Lihatlah hamba-Ku ini, di dengungkan adzan kemudian ia shalat karena takut terhadap-Ku, Aku telah mengampuni hamba-Ku dan memasukanya ke surga’’ (HR. Nasai). Wallahu a’lam.

 

Redaktur: Deasy Lyna Tsuraya

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 5,00 out of 5)
Loading...

Tentang

Avatar
Terlahir di desa Mojosari Sumberjo Kec. Margomulyo Kab Bojonegoro Sekarang tinggal di Padangan bojonegoro Jawa Timur.

Lihat Juga

Hilangkan Prasangka Buruk Terhadap Orang Lain

Figure
Organization