Home / Berita / Internasional / Asia / Turki: Ada Intelijen Suriah Berkuasa di Dalam ISIS

Turki: Ada Intelijen Suriah Berkuasa di Dalam ISIS

Perdana menteri Turki, Ahmet Davutoglu (islammemo)
Perdana menteri Turki, Ahmet Davutoglu (islammemo)

dakwatuna.com – Ankara. Perdana menteri Turki, Ahmed Davutoglu, menjelaskan siapakah sebenarnya ISIS dan organisasi-organisasi lain yang saat ini terlibat dalam krisis di Suriah. Semuanya merencanakan kerusuhan di Turki.

Seperti diberitakan Anadolu, Sabtu (17/10/2015) hari ini, Davutoglu mengatakan, “Ada intelijen rezim Bashar Asad yang berkuasa di ISIS. Ada juga intelijen yang sama, dan intelijen negara lainnya yang terdapat di Partai Persatuan Demokrasi (Kurdi Suriah/PYD), organisasi teroris Partai Buruh Kurdistan (PKK), dan Partai Kebebasan Rakyat Revolusi (DHKP-C)”

Menurut Davutoglu, semua organisasi teroris itu mempunyai tujuan yang sama, yaitu menyebarkan kerusuhan. ISIS, PKK, DHKP-C dan lainnya ingin Turki tidak stabil. “Di luaran, sesama mereka seperti saling bermusuhan, padahal tujuan mereka sama secara prinsip. Mereka sama-sama ingin menyebar kerusuhan. Suriah sangat ingin terjadi kerusuhan di Turki,” demikian jelas Davutoglu.

Davutoglu juga menjelaskan bahwa ISIS didirikan oleh beberapa orang kriminal yang dibebaskan rezim Bashar Asad dari penjara. Sumber pasukan ISIS bukanlah para pejuang dari berbagai negara asing, seperti yang saat ini banyak diberitakan. Para pejuang itu baru bergabung belakangan. (msa/dakwatuna)

Advertisements

Redaktur: M Sofwan

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (1 votes, average: 10,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

M Sofwan
Ketua Studi Informasi Alam Islami (SINAI) periode 2000-2003, Kairo-Mesir

Lihat Juga

Turki Menjadi Pusat Perdagangan Regional