Home / Berita / Silaturahim / Ibnu Khaldun Gelar Seminar Internasional Ekonomi Islam

Ibnu Khaldun Gelar Seminar Internasional Ekonomi Islam

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
Seminar internasional dengan tema “Financial Inclusive for Strengthening Micro Enterprises”. di Universitas Ibnu Khaldun (UIKA) Bogor, Jumat (2/10/15). (Aziz)
Seminar internasional dengan tema “Financial Inclusive for Strengthening Micro Enterprises”. di Universitas Ibnu Khaldun (UIKA) Bogor, Jumat (2/10/15). (Aziz)

dakwatuna.com – Bogor.  Bertempat di aula Prof. Abdullah Sidik Universitas Ibnu Khaldun (UIKA) Bogor, mahasiswa Pasca Sarjana Ekonomi Islam pada, Jum’at (02/09/15) menggelar seminar internasional dengan mengusung tema “Financial Inclusive for Strengthening Micro Enterprises”.

Seminar ini menghadirkan pakar ekonomi dari beberapa negara diantaranya Prof.Dr. Muhammad Munir dari IIU Islamabad Pakistan, Dr. Ahmad Al khatib dari Mesir dan Hendry Tanjung Ph.D dari UIKA Indonesia. Turut mengundang pula sebagai pembicara perwakilan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Edy Setiadi, Ph.D yang saat ini menjabat sebagai Deputi Komisioner Pengawasan Industri Keuangan Non-Bank (IKNB) Syariah

Antusias peserta terlihat sangat tinggi untuk mengikuti seminar internasional yang berada di km.2 jalan KH. Sholeh Iskandar Bogor tersebut. Hal ini terlihat dari kehadiran beberapa perguruan tinggi ternama yang mendelegasikan beberapa perwakilanya di kampus mantan ketua BAZNAS yang kini menjadi Dekan, Prof.Dr. KH. Didin Hafidudin mengajar. Beberapa peserta dari luar daerahpun berdatangan seperti Jakarta, Medan, Semarang, Jogja dan beberapa kota besar lainya di Indonesia.

Tak sekedar mengusung tema ekonomi biasa, pada seminar yang disampaikan dalam dua bahasa ini menggagas tema penguatan ekonomi mikro dan kontribusinya terhadap kekuatan ekonomi secara nasional. Dukungan inipun disampaikan oleh Edy Setiadi, Ph.D saat menyampaikan materi seminar di sesi pertama.

Masih di sesi yang sama Dr. Ahmad Alkhatib menyampaikan hal serupa melalui penekanan pada urgensi pemahaman edukasi yang tepat. Hal ini erat kaitanya dengan ranah ekonomi beserta tahapan perbaikan berfikir pondasi awal pemahaman. Tutur Dr. Ahmad Al khatib yang kala itu menyampaikan materi dalam bahasa arab.

Pada sesi kedua pakar ekonomi islam dari Pakistan Prof. Dr. Muhammad Munir menjelaskan  mengenai sistem pendukung guna mempermudah penguatan kekuatan ekonomi mikro, “Here we will focus on the products currently being offered by Islamic microfinance institutions” tuturnya memperkuat argument.

Sedangkan vice dean Ibnu Khaldun Bogor, Hendri Tanjung, Ph.D turut menyampaikan gagasanya yang tertuang dalam presentasi yang berjudul The Role of Microfinance in strenghtening The economy of poor people: Indonesia Experience”. Beliau banyak menjelaskan problematika yang muncul pada ekonomi mikro saat ini beserta solusi menghadapi permasalahan yang ada.

Seminar kali dihadiri pula oleh Dr. Marissa Haque sebagai moderator. Istri dari aktor senior Ikang Fauzi inipun mengapresiasi seminar bertajuk ekonomi islam ini dengan sangat positif. Artis yang juga berkecimpung sebagai seorang akademisi ini berharap, bahwa seminar seperti ini akan terus digaungkan guna meningkatkan pemahaman tentang pentingnya penerapan ekonomi islam di tengah-tengah masyarakat. (azies/sbb/dakwatuna)

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
Seorang hamba Allah yang sangat ingin menginjakan kaki di syurga tertinggi. S2 Magister Ekonomi Islam Universitas Ibnu Khaldun Bogor, Program Kaderisasi Seribu Ulama (KSU) DDII-BAZNAS. Sharia Financial Planner.

Lihat Juga

FOKMA Selenggarakan Seminar Motivasi Bagi Perantau di Malaysia

Organization